Selasa, 02 Mei 2017

Belajar Berkendara dan Beauty Class Bersama Queen Rides


Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti acara yang digelar Queen Rides. Bertempat di Neo Soho Mall, Jakarta, acara ini diminati para perempuan yang datang dari berbagai tempat. Sebagian besar adalah pengendara, yang selalu bepergian menggunakan sepeda motor.

Menu utama adalah mengajarkan kita bagaimana menjadi pengendara yang baik di jalan raya. Karena itu, hadir sebagai pembicara adalah AKP Sri Pamuncak seorang Polwan (Polisi Wanita) senior yang menjadi Kepala Dikyasa (Pendidikan Rakayasa Jalan) dan Polantas Joko Irawan yang sangat berpengalaman. Dari data kecelakaan lalu lintas, penyebabnya adalah sbb:

1. Pengendara perempuan rawan menjadi korban kecelakaan di jalanan.
2. Sekitar 87,5% peristiwa tersebut akibat perilaku pengendara yang buruk.
3. 80% perempuan di Indonesia berkendara untuk bekerja, membantu perekonomian rumahtangga.
4. Indonesia adalah negara dengan tingkat pertumbuhan kecelakaan lalu lintas tertinggi di udnia.
5. Setiap satu jam, 3 orang meninggal karena kecelakaan lalu lintas.
6. Ada 74 orang/hari meninggal karena kecelakaan.
7. Angka kecelakaan lalu lintas meningkat hingga 80%
8. Perbandingan tingkat kecelakaan lalu lintas antara perempuan dan laki-laki 5 : 2
9. Peningkatan sebesar 49,5 % kecelakaan sepeda motor melibatkan perempuan

Dari data tersebut, maka kita tahu betapa pentingnya mengetahui cara aman berkendara. Pengetahuan yang minim yang dimiliki perempuan menyebabkan potensi kecelakaan semakin tinggi. Sudah banyak meme yang menyindir 'kekonyolan' perempuan di jalan raya. Hal ini harus kita minimalisir dengan sosialisasi  tentang berkendara yang baik dan benar.

Hal pertama, sudah tentu harus memiliki SIM. Untuk mendapatkan SIM kita harus tahu bagaimana peraturan berkendara di jalan raya, pengetahuan tentang kendaraan yang kita gunakan dan rambu-rambu yang harus dipatuhi. Bapak dan Ibu polisi mengingatkan agar kita jangan membuat SIM dengan cara 'menembak', tetapi harus melalui serangkaian tes agar betul-betul sudah paham tentang berkendara.

Mas Rio, founder dari RSA (Road Saftey Association) memaparkan tentang segitiga , sebuah konsep tentang berkendara aman yang meliputi Rules, Skill, dan Attitude. Perlu diketahui, berdasarkan UU No.2 tahun 2009, Berkendara harus penuh dengan konsentrasi, dan apabila melanggar akan terkena sanksi sebesar RP.750.000,- HIlangnya konsentrasi pada waktu mengemudi (distruction driving) karena mengantuk, menggunakan handphone dan mengkonsumsi alkohol menjadi penyebab kecelakaan.

Stylish

Walau menjadi pengendara di jalan raya, tidak menghalangi kita untuk tetap stylish lho. Queen Rides juga menggelar acara fashion show yang memperlihatkan aneka gaya untuk berkendara. Jika menggunakan sepeda motor, jelas berbeda dengan gaya ketika menggunakan mobil.

Jaket menjadi pakaian wajib ketika mengendarai motor untuk menahan angin. Kita bisa menggunakan berbagai jenis jaket yang sesuai dengan gaya dan selera. Selain itu lebih baik adalah menggunakan celana panjang dan flat shoes, agar kita aman dan nyaman dalam mengerem atau pindah gigi. Diingatkan pula agar memakai sarung tangan yang baik, dan menggunakan helm dengan standar SNI.


Sedangkan jika menggunakan mobil, kita masih bisa mengenakan rok karena tidak ada resiko pakaian yang menyangkut ke dalam roda seperti motor. Pakaian pun menjadi lebih fleksibel.

Dalam kesempatan itu, kami juga belajar tata rias yang dipandu Sari Ayu. Ternyata masih banyak perempuan yang belum mengetahui bagaimana merias wajahnya dnegan baik. Dengan seperangkat alat make up yang dipinjamkan, kami mulai memoles wajah sesuai arahan sehingga menjadi cantik dalam waktu singkat.



Pelumas terbaik dari Pertamina

Memiliki kendaraan, baik roda dua atau roda empat, selayaknya tahu apa pelumas yang paling baik. Pelumas ini penting untuk merawat kendaraan dan juga demi  safety ketika kita  berkendara. Tak perlu mencari produk pelumas impor karena Pertamina mengeluarkan produk terbaik untuk pelumas mobil yang dikenal dengan merek Fastron.

Memang ada dua jenis oli, yaitu oli mineral yang diambil dari alam, tanpa campuran. Oli ini mudah panas dan ketersediaan di alam juga cepat habis. Sedangkan Oli sintesis, justru lebih tahan panas dan dapat diproduksi lagi.

Sedangkan untuk motor, jenis pelumasnya adalah Enduro Motor matic, Enduro Part E, Enduro Motor Racing, Enduro Sport dan Enduro Matic G.

Kelas Yoga

Dalam kesempatan itu kami juga belajar yoga dari mbak AStrid yang mungil dan cantik. Mbak Astrid ini dulu pernah bertubuh gemuk, tetapi setelah mengenal dan mempraktikkan yoga, ia berhasil melangsingkan tubuhnya.

Yoga yang diajarkan sebetulnya cukup mudah dan tidak perlu banyak ruangan. Bahkan hanya dengan sebuah kursi saja kita bisa melakukan gerakan-gerakan yoga. Namun, apapun itu, kendala utama bagi setiap orang adalah rasa malas.  Kalau kita malas, maka tubuh kita tetap saja tidak ada perubahan. Bagaimana mau langsing jika setiap hari mager (malas gerak) he he.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar