Minggu, 15 September 2019

Sudah Pernah Makan Matoa? Enak dan Menyehatkan Lho


Meski sudah sering mendengar dan membaca tentang Matoa, baru beberapa hari yang lalu saya mencicipi buah tersebut. Ini berkat seorang ibu yang membeli Matoa di kuliner Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini. Ia mempersilakan saya ikut mencobanya.

Matoa yang dibeli, bentuknya tidaklah besar, hanya seukuran rambutan. Tetapi harganya cukup mahal di pameran tersebut. Satu kilogram sehari 50 ribu Rupiah. Padahal isinya tidak begitu banyak.

Saya mencicipi tiga butir Matoa. Saya sependapat dengan ibu yang membelinya bahwa rasa Matoa ini merupakan perpaduan antara kelengkeng dan Rambutan. Walaupun di tanah asalnya disebut Kelengkeng Papua. Ada bau harum yang mirip duren, tapi kulitnya lebih mirip buah Menteng.

Yup, Matoa adalah buah asli Papua yang baru booming beberapa tahun terakhir. Pohon Matoa termasuk dalam keluarga Sapinda Ceae dan memiliki nama latin Pometia Pinnata. Tinggi pohon bisa mencapai 18 meter, jadi termasuk pohon hutan.

Ada dua jenis Matoa, pertama adalah Matoa kelapa dan kedua adalah Matoa papeda. Matoa kelapa memiliki tekstur seperti rambutan dan kelengkeng, serta tidak lengket. Inilah jenis Matoa yang saya makan. Sedangkan Matoa papeda lebih lembek dan lengket.

Buah Matoa ini ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Buah ini mengandung senyawa Flavonoid, Tanin, Saponin dan alkolind.

Manfaat untuk kesehatan, antara lain:
1. Menekan pertumbuhan bakteri. Terutama senyawa Saponin dan Tanin. Saponin mempunyai sifat anti mikroba dan menghambat pertumbuhan bakteri. Begitu pula dengan Tanin.

2. Mengatasi kanker. Karena Matoa mengandung antioksidan yang tinggi, maka mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

3. Menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan antioksidan tersebut, juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

4. Mengatasi jantung koroner. Para penderita penyakit jantung koroner bisa meringankan penyakitnya dengan mengkonsumsi buah Matoa.

5. Mengatasi stres.

Manfaat Matoa untuk kecantikan antara lain:
1. Mencegah timbulnya jerawat
2. Melembabkan kulit
3. Mencerahkan kulit
4. Melindungi kulit dari sinar UV
5. Meningkatkan kesehatan tubuh
6. Mempercantik keindahan kulit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar