Sabtu, 21 September 2019

Antara Elvis Presley Dengan Beatles


Siapa yang tak mengenal Elvis Presley? Musisi ini yang mendapat julukan The King of Rock and Roll. Lagu-lagunya tetap abadi, dinyanyikan oleh penyanyi lain hingga sekarang. Elvis Presley adalah legenda yang tak tergantikan.

Begitu pula dengan Beatles, band beraliran rock and Roll dari Inggris. Band ini tetap eksis meski sempat ganti personil. Hanya saja band ini mengalami tragedi dengan ditembaknya John Lennon, yang menjadi vokalis utama. Satu-satunya personil yang tersisa adalah Sir Paul McCartney.

Baik Elvis Presley maupun Beatles mengalami puncak kejayaannya pada masanya, dimana mereka digilai wanita. Tak sedikit musisi generasi berikutnya yang mencoba mengikuti Elvis Presley dan The Beatles.

Namun sebenarnya Elvis Presley adalah sumber inspirasi dari The Beatles. Memang Elvis sedang dalam puncak ketenaran ketika The Beatles baru memulai berkiprah. Dalam film tentang the Beatles, John Lennon tidak pernah melewatkan konser Elvis Presley.

"Dia (Elvis Presley) punya pekerjaan hebat. Kita bisa mencoba menjadi penyanyi seperti itu," demikian kira-kira yang dikatakan John Lennon muda.

Setelah itu, dibentuklah The Beatles bersama teman-temannya. Mereka terdiri dari empat orang, John Lennon, Paul McCartney, Ringo Star dan George Harrison. Singkat cerita mereka meniti jalan menjadi penyanyi seperti yang dilakukan Elvis Presley.

Berkat keteguhan, ketekunan dan kerja keras, pantang menyerah, The Beatles sanggup menyita perhatian masyarakat. Lagu-lagunya menjadi hits, bahkan kemudian menyusul ketenaran Elvis Presley. Mereka bersaing di tangga lagu radio radio di seluruh dunia.



Saya menjadi penggemar berat Elvis Presley. Sejak kecil (saat duduk di bangku SD) saya sudah mengagumi Elvis Presley. Saya pernah menonton film Elvis Presley yang diputar di TVRI. Waktu itu saya takjub melihat betapa gantengnya Elvis Presley.

Kemudian saya mengoleksi apa saja yang berkaitan dengan Elvis Presley. Baik itu kaset, poster, buku biografi, pin, foto-foto dsb. Semua menjadi koleksi pribadi yang sangat berharga bagi saya. Sebagian besar lagu-lagunya saya hafal. Misalnya, Let it be me, Jailhouse Rock, It's Now or Never dan Are you lonesome tonight.

Elvis Presley tidak tergantikan hingga sekarang. Belum ada penyanyi yang memiliki jenis suara seperti Elvis Presley, sekaligus memiliki wajah yang ganteng maksimal. Lagu-lagunya juga hampir semua enak didengar dan dinyanyikan.

Namun saya juga menjadi penggemar The Beatles, meski tidak sefanatik Elvis Presley. Saya ingat, pada masa SMA, lagu-lagu The Beatles menjadi pengiring disko dalam pesta ulang tahun teman. Apalagi ada Barata band, grup musik Indonesia yang sering memainkan lagu The Beatles.

Saya pun juga memiliki beberapa kaset jadul dan menghafal sebagian lagu-lagu mereka. Sekali lagi, memang tidak sebanyak koleksi Elvis Presley. Ada lagu Hey Jude, I am back to USSR, I want to hold your hand dll.



Sekarang zaman milenial, kita tidak perlu lagi memutar kaset jadul. Kita bisa mendengarkan CD atau bahkan melihat You Tube. Semua melalui dunia Maya, cepat dan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar