Senin, 23 Oktober 2023

Masakan Padang Otentik Ada di Kedai ABBA, Tajur, Bogor

Ketupat sayur Padang dkk (dok.pri)

 Rumah makan Padang cukup berlimpah di Jabodetabek. Boleh dikatakan, rumah makan Padang ada di mana-mana. Namun tidak semua rumah makan Padang menyajikan cita rasa yang sama nikmatnya. Ada lho yang kurang enak dan tidak cocok di lidah. 

Salah satu penyebab masakan Padang kurang enak adalah karena yang membuat masakan tersebut tidak benar-benar memiliki keahlian memasak. Mungkin juga karena yang memasak bukan orang asli Sumatera Barat. Jadi, tidak terlalu mengetahui cara agar masakannya menjadi lezat sebagaimana aslinya. 

Nah, beberapa hari yang lalu saya menemukan masakan Padang yang endeus banget di daerah Tajur, Bogor. Tepatnya di kedai ABBA, ada di g-maps. Saya kemari menggunakan angkot 01 dari Botani square, setelah sebelumnya naik angkot 03 dari alun-alun Bogor. Alternatif lain adalah naik Bis Kita dari halte di depan perpustakaan Bogor atau DPRD Kota Bogor.

Ketupat sayur Padang (dok.pri)

Kedai ABBA berada di lantai atas, ada tangga di pojok luar untuk ke sini. Di bawah terdapat klinik untuk berobat. Masakan Padang  tersedia dari jam 07.00 pagi hingga jam 14.00. Jadi, kita bisa sarapan atau makan siang di sini. Banyak pilihan menunya yang menggugah selera.

Kalau memang senang makan nasi Padang, tinggal dipilih saja mau pakai lauk rendang, ayam, kikil, tunjang dll. Sayur pakis yang langka pun ada di tempat ini. Tetapi ada pilihan lainnya seperti ketupat sayur Padang, yang juga bisa ditambahkan lauk seperti nasi. 

Bubur kampiun (dok.pri)

Bagi yang tidak ingin makan berat, pilih saja bubur kampiun. Bubur ini merupakan campuran dari bubur kacang hijau, ketan hitam, kolak pisang, bubur sumsum. Rasanya antara gurih dan manis, yang jelas enak banget deh. 

Soto Padang (dok.pri)

Pilihan lainnya ada soto Padang. Menurut saya sih, soto Padang lebih sesuai untuk makan siang. Rasanya juga endolita, dengan dendeng paru sebagai topping. Soto ini bisa dimakan begitu saja atau juga dengan sepiring nasi. Lebih lengkap lagi jika dimakan dengan kerupuk opak singkong yang gurih.

Gorengan (dok.pri)

Gorengan ala Padang juga disajikan, misalnya perkedel kentang dan bakwan jagung. Bakwan jagung ini enak, saya belum pernah menemukan yang seenak ini di tempat lain. Beberapa macam kue juga tersedia, beserta cemilan khas Sumatra Barat lainnya. 

Buat yang suka ngopi, bisa pesan juga secangkir kopi asli. Ada lho yang dari Aceh dan Medan. Tidak lengkap kenikmatan tanpa kopi, ya kan? Area di sini terbuka dengan view jalan raya Tajur. Sambil makan, kita melihat mobil lalu lalang dari dan menuju Ciawi. 

Jadi, kapan mau ke sini?

Masakan Padang (dok.pri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar