Rabu, 03 April 2019

Hagia Sophia, Megah dan Anggun



Salah satu ikon kerajaan Ottoman di Istambul adalah Hagia Sophia. Letaknya berdekatan dengan ikon lainnya seperti Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque dan museum/istana Topkapi.

Baru baru ini Presiden Turki Erdogan, mengatakan bahwa Hagia Sophia akan dikembalikan fungsinya sebagai masjid. Hal ini berarti, Hagia Sophia terbuka untuk umum. Dengan demikian, tidak ada lagi tiket berbayar yang dikenakan untuk masuk ke dalam Hagia Sophia seperti selama ini diberlakukan.

Hagia Sophia terkenal karena keunikannya dan kemegahannya. Semula bangunan ini digunakan sebagai gereja ketika masih dalam penguasaan Romawi. Tetapi ketika Konstantinopel ditaklukkan Raja Ottoman pada abad 14. Gereja ini dialihkan menjadi masjid.

Namun kemudian Sultan tidak menggunakan masjid ini dan membangun masjid yang baru, yang dikenal sebagai Blue Mosque. Sedangkan Hagia Sophia tidak jelas penggunaannya.

Pada tahun 1935, Turki telah menjadi Republik, dipimpin oleh Kemal Ataturk. Dia mengubah status Hagia Sophia menjadi museum hingga sekarang.

Sebelum terjadi perubahan status, saya mau mengajak teman teman untuk mengintip beberapa keindahannya. Arsitektur bangunan masih asli, hanya mendapat perbaikan pada bagian yang rapuh.



Pada arah kiblat, di dinding yang tinggi, terdapat nama Allah SWT, berdampingan dengan nama Rasulullah. Sedangkan Asmaul Husna yang lain ada di seputar dinding.

Di atas kepala, masih ada hiasan kaca mozaik yang indah. Apalagi jika sedang tertimpa sinar matahari. Di lantai dua kita akan menemukan jejak sejarah yang terjadi pada abad 14 dan sesudahnya.



Namun kemegahan Hagia Sophia bisa juga dinikmati dari luar. Misalnya dari atas hotel yang menghadap bangunan itu. Banyak juga turis yang mengabadikan dari arah taman. Di musim semi, bunga-bunga tulip menghias taman dengan indahnya.

Dari kejauhan, bangunan Hagia Sophia tampak kemerahan, karena terbuat dari sejenis bata merah. Kubah kubahnya juga tampak besar.



Sedangkan pada malam hari, tampak anggun berdiri. Sangat menonjol menghias bumi dan langit.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar