Senin, 01 April 2019

Fakta Manfaat Gandum Utuh Bagi Kesehatan Kita


Sebagai penduduk Indonesia, jarang yang mengetahui manfaat dari mengkonsumsi gandum utuh. Hal itu disebabkan makanan pokok kita adalah nasi. Boleh dikatakan makanan yang terbuat dari gandum baru populer satu dekade terakhir.

Selain roti gandum, makanan yang terbuat dari gandum adalah sereal. Tetapi tidak semuanya terbuat dari gandum utuh. Ada produk yang terbuat dari gandum yang telah diolah seperti roti.

Lalu apa bedanya? Saya juga baru mengetahuinya ketika hadir dalam blogger gathering bersama Nestle pada tanggal 28 Maret yang lalu, di resto Three Buns, Jakarta Selatan.

Penelitian yang diludipublikas oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit kronis tidak menular seperti stroke dan kanker usus.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa gandum utuh terdiri dari tiga bagian. Antara lain, gandum utuh yang bertepung (starchy core), bagian tengah yang kaya nutrisi (nutrient packed center) dan lapisan gandum utuh (fiber bran layer) yang mengandung vitamin, mineral, dan kaya akan antioksidan.

Menurut Prof. Ali Khomsan, Guru Besar Pangan dan Nutrisi IPB, saat ini penyebab kematian tertinggi adalah stroke, jantung koroner, diabetes dan tekanan darah tinggi. Namun penelitian terbaru Harvard, mengkonsumsi serat tinggi mengurangi risiko penyakit tersebut sebesar 15 s/d 30 persen.

Untuk menumbuhkan kebiasaan mengkonsumsi gandum utuh, Nestle Breakfast Cereal meluncurkan tantangan "7 days Wholegrain Challenge" atau tantangan 7 hari gandum utuh. Ini mebgajme orang tua di Indonesia untuk menambahkan gandum utuh pada makanan sehari hari. Dalam hal ini, orang tua juga mendapat edukasi tentang manfaat gandum utuh.



Sedangkan Alaa Shaaban, Business Executive Officer Cereals Partner World Wide Indonesia mengatakan, tantangan itu merupakan bagian dari partisipasi Nestle Breakfast Cereal dalam kegiatan PESAN (Pekan Sarapan Nasional). Ini juga merupakan komitmen Nestle untuk menyediakan sarapan yang sehat dan bergizi. Target mereka, 50 juta anak hidup lebih sehat dan bahagia.

Setiap produk Nestle Breakfast Cereal, menggunakan gandum utuh sebagai bahan utama. Tiap porsi sedikitnya mengandung 8 gram gandum utuh. Beberapa jenis dari produk seperti Coco Krunch, Milo Balls, Honey Star dan Corn Flakes.



Dalam kesempatan itu, para blogger diberi kesempatan untuk berkreasi dengan Nestle Breakfast Cereal. Tidak sulit, karena tinggal menambahkan beberapa ingredient yang telah disediakan. Apalagi telah dicontohkan oleh Cheff Cheby yang ganteng.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar