Kamis, 19 April 2018

Menu Tiga Sambal Favorit Indonesia di Hokben

Orang Indonesia senang melahap dan mencicipi berbagai makanan. Tapi satu hal yang tak bisa diabaikan adalah cita rasa. Sentuhan rasa pedas merupakan ciri dari makanan dan masakan Indonesia. Tengoklah jenis makanan dari Sabang sampai Merauke, pasti ada yang bercita rasa pedas. Bahkan begitu pula di tanah Jawa (baca; Jawa tengah, Jogjakarta) yang konon fanatik dengan rasa manis, tetap menggunakan cabai dalam masakan.

Begitu gemarnya kita akan rasa pedas, sampai-sampai dibuat dalam beberapa tingkatan. Dari level satu hingga level 10, tingkatan ini sesuai dengan kemampuan lidah masing-masing. Kalau tidak tahan terlalu pedas, mungkin berhenti di level lima. Namun ada saja orang yang tergila-gila dengan rasa pedas, sanggup di level 10 atau lebih, karena itu ada julukan 'sambel setan' untuk yang kelewat pedas.

Menyadari bahwa sambal adalah bagian yang tak terpisahkan dari orang Indonesia, maka Hokben juga mengeluarkan inovasi terbaru dengan membuat sambal. Ada tiga varian sambal yang diperkenalkan, yaitu Sambal Matah, Sambal Hijau dan Sambal Bawang.  Jadilah makanan di Hokben merupakan perpaduan antara gaya Jepang dengan Indonesia.

tiga jenis sambal Hokben dalam kemasan paket (dokpri)
tiga jenis sambal Hokben dalam kemasan paket (dokpri)
 
Inovasi sambal ini diperkenalkan saat Hokben Blogger Gathering  di Hotel Kartika Chandra, Kamis 22 Februari yang lalu. Hadir dalam acara itu, Kartina Mangisi, Communication Divison head yang menjelaskan tentang sejarah HokBen. Perlu diketahui, Hokben sudah ada di Indonesia sejak 18 Aril 1985. Awalnya bernama Hoka-hoka Bento, kemudian menjadi HokBen pada tahun 2013. Saat ini ada 350 gerai HokBen di seluruh Indonesia.

HokBen ini asli Indonesia lho, bukan dari Jepang.  Hanya menu-menunya saja yang menyajikan makanan ala jepang. Lisensinya atas nama PT Eka Bogainti. Asal nama Hoka-hoka Bento dalam bahasa Jepang berarti  'mengukus bento' (makanan Jepang dalam sebuah paket). Namun sekarang kita lebih mudah menyebutnya dengan HokBen saja.

Sambal favorit
 
Tiga jenis sambal itu adalah merupakan favorit  orang Indonesia, dan mewakili dari tiga bagian wilayah Indonesia. Sambal hijau lebih kita kenal dalam masakan-masakan Padang (Sumatera Barat), sambal Matah berasal daari Bali, dan Sambal Bawang biasanya disajikan di wilayah pulau Jawa, tapi saya juga menemuinya di  Sulawesi dan bagian Timur lainnya. Sekarang semua jenis sambal, bisa kita temukan di berbagai rumah makan di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Saya juga penyuka sambal. Kalau makan, rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran sambal. Akibat terbiasa makan dengan sambal ini, membuat kita kerepotan kalau ke luar negeri, terutama ke Eropa atau negara-negara Barat. Karena di sana kita tidak akan menemukan sambal, yang ada hanya paprika, bubuk merica dan bubuk cabai kering.

 Namun dibandingkan dengan teman-teman lain,  saya bukan orang yang tahan dengan masakan yang terlalu pedas. Mungkin enak di mulut, tetapi akan memberikan reaksi yang ekstrim di perut. Daripada menjadi pelanggan toilet, maka saya menahan diri untuk memakan sambal yang pedasnya sedang-sedang saja.

Untung sambal yang dikeluarkan Hokben tidak terlalu pedas, cocok untuk lidah saya. Inilah pilihan yang tepat, karena saya yakin bahwa kebanyakan orang Indonesia juga bertahan pada rasa pedas yang sedang ukurannya. Dengan ukuran ini, maka lebih banyak memberi kemungkinan kepada konsumen untuk makan sambal.

sambal matah by Hokben (dokpri)
sambal matah by Hokben (dokpri)
 
Nah, ketika mencicip sambal di Hokben kemarin, saya memilih Sambal Matah. Sambal ini menggugah selera makan saya yang sering naik turun. Saya mencoba paket Hokben Hokasuka Satu yaitu Yakitori Grill dengan pilihan sambal Matah ini. Soalnya, melihat daging ayamnya yang ditusuk seperti sate tampak menarik. Ditambah dengan acar kuning dan kentang yang dipotong kecil-kecil dan digoreng kering.

paket pilihan saya (dokpri)
paket pilihan saya (dokpri)
 
Perpaduan dua negara

Benar saja sih, pilihan ini merupakan perpaduan sempurna gaya masakan Jepang dengan Indonesia.  Sensasi makan dengan selera dua negara ini tak terkirakan. Nasi yang pulen dari beras organik, dengan sayuran berupa acara kuning yang nikmat, dan keripik kentang yang renyah dan manis, plus Sambal Matah yang Maknyoss. Maka makan siang saya terasa luar biasa sangat nikmat.
Sambal Matahnya, betul-betul sesuai dengan pilihan saya, tidak terlalu pedas. daging sate dicocol sambal Matah menjadi lebih nikmat. Bisa juga langsung dibaurkan di dalam nasi. kalau saya justru mencampurkan acar kuning ke dalam nasi, sedangkan sambal Matahnya dicolek dengan sate. Hati-hati lho, kalau keenakan, bisa ketagihan dan ingin nambah.

paket Hokasuka dua (dok.pri)
paket Hokasuka dua (dok.pri)
 
paket Hokasuka 3 (dok.pri)
paket Hokasuka 3 (dok.pri)
 
Pilihan paket Hokasuka satu, tidak harus dengan Sambal Matah, boleh memilih sambal bawang atau sambal hijau, tergantung keinginan kita.  Hokben juga menyediakan tiga pilihan paket yang bebas menentukan jenis sambalnya. Ada paket Hokasuka dua  yaitu Ebi Furai dan paket Hokasuka tiga yaitu Chicken Katsu yang tak kalah menarik. Ketiga paket tersebut dijamin lezat dan sehat sebagaimana menu-menu yang selalu disajikan Hokben.
Untuk menu-menu tersebut di atas, harganya masih relatif terjangkau. Paket Hokasuka satu seharga Rp 49.000,-  Sedangkan paket Hokasuka dua seharga Rp 58.000,- dan paket Hokasuka tiga seharga Rp 49.000,-. Namun kalau mau nambah sambal, bisa dibeli terpisah, masing-masing sambal harganya Rp 5000,- saja.
Seperti biasa, menu-menu HokBen adalah makanan yang sehat dan nikmat. Hal inilah yang membuat para penggemar HokBen tidak mau beralih ke lain hati, bahkan semakin bertambah. Para penikmat Hokben terdiri dari berbagai usia, dari anak-anak hingga dewasa. Saya sendiri, lebih suka memilih HokBen daripada gerai fastfood yang banyak terdapat di Indonesia. Kalau kamu bagaimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar