Sabtu, 28 April 2018

Bogger Crony Hang Out, Mengasah Kemampuan Membuat Vlog


Sungguh, saya sangat awam untuk yang namanya Vlog. Iri juga sama teman-teman yang sudah pandai membuat video dan ditayangkan di You Tube. Apalagi subscribes mereka semakin tinggi. Dari sejak lama saya ingin memulainya, tetapi selalu ragu-ragu.

Nah, pucuk dicinta ulam tiba. Ternyata Blogger Crony membuat acara Hang out dengan tema "How to Create Good Photos and Videos for your Blog/Vlog dengan dua narasumber kawakan yaitu Akbar Muhibar dan Sutan Andrian.

Maka pada hari Jumat, 27 April 2018, bertempat di gedung Sinar Mas Tower 2, jalan Thamrin, Jakarta Pusat, acara tersebut berlangsung. Pukul 14.00 WIB rencananya akan dimulai. Saya datang agak terlambat karena baru mendapatkan Commuter Line jurusan Kota lebih dari jam satu siang.



Untunglah acara inti belum dimulai. Baru ada sambutan dari Pak Tjandra sebagai tuan rumah dari Sinar Mas yang memberi kesempatan dan tempat untuk kegiatan  Blogger Crony.  Pak Tjandra ini ramah dan welcom terhadap para blogger.



Teman-teman sudah duduk manis sambil menikmati kopi di dalam ruangan tersebut. Saya segera mengambil posisi di baris kedua, tidak jauh agar bisa menyimak dengan baik. Rata-rata semua sudah saling mengenal, maklum para blogger sering  hadir dalam acara yang sama.



Akbar Muhibar menjelaskan kiat-kiat membuat Vlog yang bagus.
1. Persiapan Awal Bikin Vlog:
    - Mempersiapkan cerita sebelum keberangkatan
    - Mempersiapkan peralatan sebelum keberangkatan
    - Pastika memori kamera dan komputer cukup.
2. Persiapan Produksi:
    -  Ambil gambar yang stabil
    -  rekam perjalanan, ceritakan semua, baik dengan narasumber maupun gambar.
       sesuaikan dengan rencana cerita seperti yang tersusun sebelumnya.
3. Persiapan Akhir:
    -  Isi baterai dan kosongkan memori sebelum hari berikutnya bila perjalanan lebih dari satu hari
    -  Simpan data dengan sebaik-baiknya.
       Kalau perlu buat duplikatnya di hardisk sehingga bila ada kejadian  yang tidak menyenangkan,
       data masih tersimpan dengan baik. Tentukan angle, apa yang mau diangkat.


Sedangkan Bang Sutan Andrian mengupas tentang pentingnya gambar/photo untuk sebuah tulisan.
Kita memerlukan gambar untuk mensupport tulisan.  Kalau tidak ada gambar yang bagus, maka buatlah judul artikel yang keren.

Menurut bang Sutan,  orang pasti melihat judul dan gambar. Fungsi gambar adalah untuk 'memanggil' orang  untuk membaca artikel tersebut.  Gambar tersebut haruslah eye catching, dan menarik. Ada gambar yang  menarik minat orang karena menampilkan public figure dan ada yang karena keindahannya.

Sebagai blogger ada beberapa jenis gambar yang perlu kita ketahui, antara lain:
Generic adalah foto yang biasa kita dapatkan ketika menghadiri event-event. Foto rame-rame bersama narasumber atau juga sesama peserta.

Foto generic pada umumnya tidak melibatkan emosi kita, hanya mengabadikan sebuah event. Foto generic yang buruk misalnya seperti foto acara talk show, bagaimana beberapa narasumber sedang berbicara di atas panggung.

Ada baiknya, kita membuat foto yang tidak sama dengan orang lain. Serupa tapi tak sama. Kuncinya dalah angle yang kita ambil, harus berbeda. Pastia da spot-spot yang bisa kita pilih agar dapat mebuat foto yang tidak sama.

Namun dalam event, kita juga bisa membuat foto personal. Biasanya selfie di salah satu sudut tempat berlangsungnya acara. Entah itu di depan pintu, di atas panggung atau lainnya. Maksudnya adalah menekankan bahwa kita berada di tempat tersebut.

Jenis gambar lainnya adalah foto organic. Foto seperti ini lazimnya dalah foto yang wajar, apa adanya, tidak dibuat-buat. Misalnya, kita memotret seorang anak yang makan coklat dengan mulut belepotan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar