Kamis, 19 April 2018

Bagaimana Menjadi Cantik Lahir dan Batin

Siapakah perempuan yang tidak ingin selalu dikatakan cantik? Walau pun dia seorang tomboy, pasti senang  jika orang lain memujinya cantik. Begitu pula dengan saya, yang notabene perempuan asli, tidak menolak jika dikatakan cantik. Bahkan dalam usia saya yang merangkak menuju setengah abad.

Cantik itu tidak harus seperti  fotomodel, artis atau pun bintang film. Kalau dibandingkan mereka, jelas saya kalah jauh. Namun bukan berarti saya tidak mampu untuk  mempercantik diri dan kelihatan cantik di mata orang lain. Saya membentuk citra diri sebagai perempuan cantik dengan versi saya sendiri.

Bagi saya cantik itu harus secara lahir dan batin.  Ada keseimbangan antara lahiriah dan batiniah. Jika tidak ada keseimbangan, maka akan terjadi ketimpangan dalam kepribadian. Maka kita bisa melihat berapa banyak wanita yang cantik secara lahiriah, tetapi mempunyai perilaku yang buruk.  Sebaliknya, wajah yang pas-pasan, didukung kecantikan batin, memancarkan aura kecantikan  tersendiri.

Karena itu, saya selalu menjaga keseimbangan itu. Saya ingin cantik lahir dan batin. Dan yang menilai kecantikan saya secara  utuh adalah orang lain, yaitu orang-orang yang mengenal saya dengan baik. Maka saya mengucap syukur jika saya dianggap cantik.

Cara Saya Menjaga Kecantikan lahiriah
Fisik atau bagian-bagian tubuh memerlukan perawatan-perawatan yang intensif. Perawatan ini tidak terbatas pada wajah saja, tetapi dari ujung kuku sampai dengan ujung rambut. Wow, sepertinya untuk itu menghabiskan waktu dan biaya.

Namun saya bukan orang kaya dan juga tidak memiliki waktu luang untuk merawat diri secara ideal seperti yang dilakukan para selebriti atau sosialita. Saya hanya orang yang berkelana di jalan raya dan memulung kata-kata. Jika ada rejeki berlebih, barulah ada kesempatan untuk pergi ke salon yang memakan biaya.

Tidak dipungkiri, bahwa saya membutuhkan peralatan kecantikan seperti halnya make up.  Ada beberapa perlengkapan yang harus tersedia. Misalnya lipstick untuk memoles bibir, pelembab dan  bedak, lotion dsb. Mungkin tidak selengkap milik perempuan lainnya, tapi setidaknya tersedia perlengkapan dasar dari make up.

Beberapa tips penting dari saya:
1. Untuk perawatan kulit dari luar, saya menggunakan lotion pelembab, teruatma jika akan keluar rumah. Cuaca yang panas dan kering membuat kulit juga kehilangan kelembaban. Wajahpun harus diolesi pelembab, karena yang pertama menerima sinar matahari. Setelah itu baru menggunakan bedak dan lipstick.
2. Setelah bepergian sehari penuh, saya tidak lupa membersihkan wajah. Setelah mencuci wajah dengan sabun khusus, lalu dibersihkan dengan cleanser dengan merek tertentu yang cocok untuk saya.  Jangan tergoda pada merek yang mahal, yang penting cocok dengan kulit yang dimiliki.
3. Pada malam hari, saya membuat minuman campuran jahe, lemon dan madu. Minuman ini berguna untuk detoks, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menguatkan, mencegah flu dan masuk angin, serta menurunkan lemak.  Resep ini saya temukan di sebuah majalah online yang berbasis di luar negeri.
Dengan minuman ini, penyakit flu  dan masuk angin tidak berani mendekat. Di samping itu berat badan saya menjadi stabil, tidak bertambah gemuk. Saya mengontrol berat badan dengan sebaik-baiknya. Saya tidak ingin seperti teman-teman yang lebih gemuk, kesulitan dalam bergerak. Minuman ini juga membuat kita awet muda lho,  kulit menjadi lebih cerah, terhindar dari flek hitam.
4. Sebelum tidur, saya mengoleskan minyak zaitun  ke seluruh wajah.  Saya menemukan bahwa minyak zaitun lebih ampuh melembabkan wajah saya yang cenderung kering.  Kalau tidak menggunakan minyak zaitun, kulit wajah bisa kering dan mengelupas, membuat rasa perih ketika tersentuh air.
5. Setelah itu, lakukan senam wajah selama 10 s/d 15 menit. Ini untuk menjaga elastisitas kulit, agar tidak mengendur atau keriput. Setidaknya, dapat meminimalisir kerutan  dan garis-garis wajah ketika usia sudah di atas 40 tahun.
6. Tidur yang cukup juga penting untuk menjaga kesegaran tubuh.  Namun tidak semua tubuh membutuhkan tidur yang lama, tergantung kebutuhan dan kebiasaan masing-masing. Kalau saya, termasuk orang yang butuh tidur yang banyak.
7. Pada pagi hari, sempatkan diri untuk bergerak.  Sebelum terbit matahari, jalan kaki mengelilingi kompleks sekitar 20 menit. Kita menghirup udara segar dan melatih otot-otot agar tidak kaku. Tubuh ini seperti mesin, harus sering digerakkan supaya tidak cepat 'soak'. Tulang-tulang cepat menjadi rapuh jika jarang digerakkan. Itulah sebabnya, ketika datang ke suatu acara saya sering berjalan kaki dari stasiun, jika jaraknya tidak begitu jauh.
8. Jangan lupa banyak minum air putih dan memakan sayur serta buah-buahan. Ini penting untuk memberi nutrisi pada kulit dan menjaga kelembabannya. Bahkan bagian kulit dari buah pun bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, misalnya kulit pisang yang bisa menghaluskan wajah dengan rutin menggosoknya.

tetap bugar walau usia bertambah (dok.Detha)
tetap bugar walau usia bertambah (dok.Detha)
 
Dengan kebiasaan-kebiasaan itu, maka kondisi saya lebih prima dibandingkan dengan perempuan-perempuan lain yang usianya sama, atau bahkan lebih muda dari saya.  Penampilan saya pun sering mengecoh orang lain, mengira saya masih dalam usia yang lebih muda. Bahkan ada beberapa kali mengalami, perias  yang heran melihat kulit saya seakan dirawat secara intensif di salon.

Perawatan secara batiniah

Justru rahasia kecantikan saya ada pada penjagaan kecantikan batin. Sebagi orang yang beriman, saya selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Perempuan harus sadar, bahwa kecantikan juga adalah pemberian sang Pencipta. Karena itu, saya meminta kepadaNya untuk menjaga kecantikan ciptaanNya yang ada pada diri saya.
kecantikan itu anugerah (dok.pri)
kecantikan itu anugerah (dok.pri)
 
Hal utama adalah menaati perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya. Sebagai seorang hamba, maka ibadah tidak boleh ditinggalkan. Bahkan di dalam ibadah itu ada rahasia-rahasia kecantikan yang jarang disadari oleh manusia, khususnya kaum perempuan. Alhamdulillah saya mengetahui dan menjalankannya selama ini.

Pertama, adalah sering berwudhu atau bersuci. Wajah yang sering disucikan akan memancarkan cahaya istimewa. Perhatikanlah orang-orang yang saleh, wajahnya jernih bersinar. Kita tidak bosan memandangnya, meski dia tidak secantik atau setampan artis.

Maka sering-seringlah berwudhu. Sesering itu pula kita menghadapkan diri kepada Tuhan. Sebenarnya bersuci dengan air wudhu tidak terbatas ketika akan shalat. Para aulia mengajarkan agar kita sedapat mungkin menjaga kesucian agar terhindar dari gangguan setan.

Kedua adalah sering berpuasa. Ingatlah dalam puasa kita diajarkan untuk menahan hawa nafsu. Maka dengan sering puasa, kita terjaga untuk tidak cepat marah.  Kita terhindar dari stress dan depresi karena tekanan sehari-hari yang bisa membuat kita cepat menjadi tua.

Ketiga adalah menenangkan diri dalam kesunyian. Istilah kerennya adalah meditasi dan yoga. Namun dalam ajaran Islam, kita bisa menemukannya melalui shalat Tahajud. Dengan shalat malam ini, kita mendekatkan diri kepada Allah dalam keadaan tenang dan sunyi. Pasrah dan tawakal membuat kita terhindar dari penyakit hati.

Keempat,  berbuat kebaikan pada sesama. Sungguh, adalah suatu kebahagian ketika bisa melakukan kebaikan kepada sesama. Entah itu tetangga, teman-teman, apalagi kepada orang yang sangat membutuhkan pertolongan. Semakin bahagia, maka wajah menjadi berseri-seri dan awet muda.
Kelima, sebenarnya ada ayat-ayat dari kitab suci yang merupakan doa untuk meminta kecantikan lahir dan batin. Maaf, ini sangat rahasia. Kalau ada yang membutuhkan, silakan hubungi saya secara pribadi. Saya akan memberitahu dengan senang hati, secara  Cuma-Cuma.

masih bisa bergaya seperti anak muda (dok.pri)
masih bisa bergaya seperti anak muda (dok.pri)
 
Begitulah resep saya dalam menjaga kecantikan lahir dan batin. Semoga bermanfaat untuk teman-teman perempuan yang ingin selalu tampak cantik di depan orang lain. Ingat, cantik itu  harus lahir dan batin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar