Senin, 01 Mei 2023

Banyak Jalan Mencari Cuan Dengan IndiHome

 

Menghadiri undangan sambil diam-diam bikin konten (dok.pri)

Kamu merasa kebutuhan semakin tinggi tetapi pendapatan tidak pasti? Jujur, itulah yang saya sering saya rasakan. Sebab faktanya harga sembako (sembilan bahan pokok) terus merambat naik, sulit untuk turun. Bagi yang memiliki pekerjaan tetap, mungkin tidak begitu menjadi masalah. Tapi bagi saya yang freelancer, menjadi kembang kempis. 

Saya harus putar otak, mencari segala cara untuk menghasilkan uang. Tentu dengan cara yang halal ya, jangan sampai makan uang haram agar hidup menjadi berkah. Nah, mendapatkan solusi cara mencari cuan memang susah-susah gampang. Saya akui, kadang saya merasa berada di jalan buntu. 

Namun sebagai hamba Tuhan, kita dilarang putus asa. Sebab itu berarti kita tidak percaya pada Yang Maha Pemurah dan Penyayang. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Maksudnya, banyak jalan mencari cuan. Kita diberi akal oleh Tuhan, pergunakan itu dengan sebaik-baiknya.

Apa saja yang harus kita lakukan?

1. Bercermin

Maksudnya, kita melihat ke dalam diri sendiri. Apa sih yang sudah kita punya? Potensi apa yang ada? Tuhan pasti telah memberikan banyak anugerah dan kelebihan pada setiap hambaNya. 

Maka, asahlah potensi dan kelebihan pada diri kita sebaik mungkin. Pertajam dengan kesempatan yang ada di hadapan atau di sekitar kita. Misalnya kemampuan menulis, harus diasah dengan rajin menulis dan membaca. 

Kemudian, lihat Di sekeliling kita, anugerah apa yang telah Allah berikan kepada kita? Apakah itu rumah yang nyaman, pakaian, makanan, hingga perangkat yang bisa menunjang pekerjaan kita. Seperti halnya jika kita sudah memiliki akses internet tercepat Di Indonesia, yaitu IndiHome. Bersyukurlah kita bahwa Telkom Indonesia menjadikan IndiHome sebagai ujung tombak Internetnya Indonesia.

Dengan IndiHome sebagai internet provider ini membuka peluang yang sebesar-besarnya untuk mencari cuan. IndiHome adalah Internetnya Indonesia, mempunyai jaringan kuat ke seluruh Indonesia. Kita bisa melakukan aktivitas tanpa batas bersama IndiHome. 

Nah, pergunakan internet sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh, untuk dapat menghasilkan tulisan atau artikel Yang baik, maka tulisan itu harus didukung oleh data yang valid dan akurat. Maka saya akan mengumpulkan data dari beberapa sumber. 

Antara lain, pertama adalah data di lapangan (jika saya langsung terjun ke lokasi yang menjadi penunjang artikel. Lalu kedua , data di perpustakaan dari hasil penelitian para ahli. Ketiga, data yang bisa didapat dari internet (dari sumber yang bisa dipercaya). Dengan demikian tulisan kita menjadi berbobot. 

2. Menimba ilmu

Proses belajar dan menambah ilmu berlangsung seumur hidup. Pesan Rasulullah, belajarlah sampai ke negeri Cina. Ini maksudnya adalah kita harus terus belajar walaupun sampai ke negeri yang jauh. Begitu juga dengan pesan, belajar sampai ke liang lahat. Artinya, proses belajar baru berhenti ketika kita mati. 

Karena itu saya tidak pernah berhenti belajar. Saya sadar bahwa kita harus mengikuti perkembangan zaman. Apalagi kemajuan teknologi yang melesat begitu cepat. Dalam internet saja, begitu banyak hal yang bisa kita pelajari. 

Saya melihat bahwa generasi Z, sangat cepat dalam memahami teknologi. Misalnya bagaimana menggunakan tools di berbagai perangkat untuk meningkatkan kualitas konten. Saya tak ragu untuk belajar dari mereka jika saya kurang mengerti. 

Selain itu, saya sengaja menjadi follower akun-akun di Instagram, yang banyak memberi pelajaran teknologi. Baik itu tentang cara membuat foto atau video yang bagus, hingga cara memasarkan produk konten yang kita miliki. Nah, di sini saya menemukan cara mencari cuan dengan membuat beberapa macam konten. 

3. Personal Branding

Tidak kalah penting adalah membangun Personal Branding. Boleh dikatakan ini adalah pencitraan diri sendiri. Misalnya, saya ingin dikenal sebagai apa atau siapa. Kalau ingin dikenal sebagai content creator maka harus dipertajam di situ. 

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya mengikuti event I-Talk yang diselenggarakan oleh IndiHome. Narasumber yang dihadirkan betul-betul ekspert di bidangnya. 

Zata Ligauw adalah narasumber yang sudah saya kenal sejak beberapa tahun lalu. Terus terang saya kagum padanya karena karirnya melesat dengan cepat sebagai selebgram. Sekarang ia sering diundang menjadi narasumber, serta diajak kerjasama oleh brand ternama. Followers mbak Zata sudah lebih dari 100.000 orang.

Mbak Zata dengan Personal Branding (dok.pri)

Oleh sebab itu, saya menyimak baik-baik paparan mbak Zata tentang Personal Branding. Bagaimana kita bisa meningkatkan branding diri sendiri sehingga dapat dilirik oleh brand. Kalau kita berhasil, maka cuan akan datang mengalir.

Kelihatannya Personal Branding adalah hal yang mudah, bisa dilakukan siapa saja. Tetapi sebenarnya membutuhkan ketekunan dan konsistensi yang kuat. Kita harus menghindari rasa malas yang membuat kita tidak kontinyu dalam membuat konten. 

#AktivitasTanpaBatas

#InternetnyaIndonesia

#BerkontenRiaBersamaIndiHome

#IndiHomeBlogCompetition


Tidak ada komentar:

Posting Komentar