Sabtu, 09 Juli 2022

Sehat Jasmani dan Rohani Dengan Aktivitas Tanpa Batas

Hobi naik sepeda 

 Apa perasaan kamu ketika pemerintah mengumumkan kita bisa beraktivitas kembali setelah dua tahun pandemi? Kalau aku sih, ingin melompat ke udara sambil berteriak yihaaa. 

Meski begitu, memang kita harus tetap berhati-hati, karena Covid 19 tidak benar-benar pergi. Setidaknya kita rutin menjaga kondisi tubuh dengan menjalani pola hidup sehat. Misalnya tertib menaati prokes, memelihara kebersihan dan rajin berolahraga. 

Kuncinya sih, disiplin terhadap diri sendiri. Jangan biarkan godaan mager (malas gerak) memenuhi pikiran kita. Aku ngaku kok, godaan rebahan sangat tinggi. Apalagi di masa pandemi yang membuat kita lebih banyak di rumah. Aku tidak bisa lagi bebas bersepeda seperti dulu. Padahal untuk usia sekarang, olahraga yang cocok adalah bersepeda.

Sebelum pandemi, mindset berolahraga harus keluar rumah, mungkin joggingnya di stadiun, jalan raya atau sport center. Tetapi pandemi justru membuat kita melek bahwa berolahraga bisa kapan saja dan dimana saja. Setuju gak?

Pola hidup sehat adalah memberi tubuh makanan yang sehat, cukup berolahraga, cukup istirahat. Nah semua bisa terlaksana berkat adanya jaringan Internetnya Indonesia, IndiHome dari Telkom Indonesia. Di sinilah kita menggali manfaat internet sebesar-besarnya. Kita bisa melakukan aktivitas tanpa batas untuk menjaga kesehatan.

Mau tahu bagaimana caranya?

1. Obat-obatan herbal 

Di media sosial yang aku gunakan seperti Instagram, aku menemukan banyak sekali akun yang memberi saran, nasihat dan contoh menjaga kesehatan dengan ramuan herbal.

Akun yang aku pantengin adalah milik dr. Zaidul Akbar. Dia adalah seorang dokter yang menerapkan jurus sehat Rasulullah (JSR). Baik mengenai asupan makanan yang seharusnya dikonsumsi, makanan yang sebaiknya dikurangi atau dihindari dan obat-obatan herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. 

dr. Zaidul Akbar (SS Instagram JSR)

Kunci dari tubuh yang sehat adalah mengendalikan hawa nafsu makan. Jangan makan sesuatu yang berlebihan. Perhatikan efeknya terhadap tubuh kita. Misalnya menghindari gorengan dan memperbanyak konsumsi sayur serta buah-buahan. 

Kalau memang tubuh sudah berpenyakit, maka obat-obatan herbal diutamakan. dr. Zaidul Akbar menekankan pentingnya penggunaan rimpang (rempah -rempah) yang mengandung khasiat seperti kunyit, temulawak, lengkuas dan sejenisnya. Selain itu ada dedaunan yang juga bisa menjadi obat, misalnya daun kelor dan sereh.

Nah, menyimak akun si dokter ini membuat aku semakin tahu bagaimana membuat obat-obatan herbal. Aku sering mempraktikkan lho. Ssst, ada resep juga untuk perut buncit dan melangsingkan tubuh. 

2. Olahraga indoor

Di akun Instagram pula aku menemukan akun yang mengajak berolahraga secara indoor, tidak perlu keluar rumah dan tidak butuh banyak peralatan. Olahraga yang ringkas, tampak sederhana tapi hasilnya memuaskan.

Akun Women77fit merupakan akun yang paling cocok aku ikuti. Gerakan-gerakan olahraga yang diajarkan sangat simpel dan mudah dilakukan. Tidak memerlukan ruangan yang luas. Tetapi tentu saja kita harus rajin menerapkan setiap hari. 

Gerakan olahraga ala Women77fit (SS IG Women77fit)

Di akun ini gerakan-gerakan olahraga mudah diikuti. Mungkin sewaktu pertama kali terasa agak berat. Tapi selanjutnya lebih ringan dan menyenangkan. Akun ini dikhususkan untuk olahraga kaum wanita. Boleh saja sih diikuti kaum Adam, hanya saja ada gerakan-gerakan yang memang ditujukan untuk wanita. 

3. Konsultasi kesehatan online bersama dokter terpercaya

Sekarang konsultasi ke dokter tidak perlu datang ke tempat praktik atau ke rumah sakit. Kita bisa daftar secara online dan konsultasi juga secara online. Sudah banyak dokter atau rumah sakit yang menyediakan layanan ini. 

Memang lebih tepat bila kita memilih dokter spesialis, yang khusus menangani jenis penyakit tertentu. Nasihat dokter spesialis langsung mengena karena tahu problemnya secara mendalam.

Voucher konsultasi kesehatan online (dok.pri)

Kesehatan rohani

Menjaga kesehatan rohani sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jasmani. Bagaimana tubuh mau sehat jika pikiran kita tidak sehat. Jangan sampai stres atau depresi sehingga mudah marah meledak-ledak.

Kalau aku menjaga kesehatan rohani dengan taat beribadah, memperbanyak zikir dan shalawat nabi. Di samping ibadah wajib, perbanyak ibadah sunah. Dengan demikian hati dan jiwa kita menjadi tenang dalam menghadapi situasi apapun.

Begitulah caraku menjaga kesehatan. Bagaimana dengan kamu? Kalau belum maksimal, manfaatkan IndiHome di rumah kamu untuk bisa aktivitas tanpa batas menjaga kesehatan.

Kalau belum berlangganan, lihat caranya  website resmi IndiHome. Yuk daftar ya. https://indihome.co.id/

#InternetnyaIndonesia

#IndiHome

#AktivitasTanpaBatas

#IndiHomeBlogCompetition2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar