Sabtu, 09 September 2023

Ngopi di Jacob Huis

 

Jacob Huis (dok.pri)

Baru tahu ada kedai kopi yang asyik di kawasan Depok Lama. Meskipun lokasinya tidak menyolok, tetapi sebetulnya hanya beberapa puluh meter dari jalan Kartini. Ini sih jalan yang dahulu sering saya lewati ketika masih kecil.

Kafe yang sifatnya homey memang sudah trendi di mana-mana. Nah, Jacob Huis tersebut adalah salah satu rumah tinggal keluarga Jacob. Perlu diketahui, Jacob adalah nama famili atau nama keluarga yang merupakan keturunan dari Belanda Depok. Soal Belanda Depok, bisa dicari di Google ya. Di sini saya mau cerita tentang kedai kopi saja. 

Dengan dominasi cat berwarna putih, memberikan kesan anggun dan cantik. Dari luar, kafe Jacob Huis tampaknya tidak besar, tetapi kalau sudah masuk, maka ada beberapa tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk nongkrong bareng teman-teman.

Untuk outdoor, di bagian depan ada tempat di pojokan, persis di balik pagar, di bawah pohon jambu air yang rindang. Jadi, cukup teduh dan fresh dengan angin semilir. Biasanya ngopi sambil merokok buat sekelompok anak muda.

Di outdoor (dok.pri)

Selain itu ada teras rumah yang juga teduh karena ada beberapa pohon yang menaunginya. Oh ya, rumah ini menghadap Barat, kalau kita masuk dari gerbang, kita justru berada di samping rumah. Tapi pintu masuk ke dalam ada di situ.

 Ada ruangan yang kecil, sedang dan agak besar. Ruangan yang agak besar terdapat seperangkat meja kursi. Meja ukuran panjang terbuat dari kayu. Ruangan ini tersambung dengan ruangan barista yang meracik kopi. 

Salah satu ruangan (dok.pri)

Hal yang menarik, terdapat foto-foto jadul yang memperlihatkan suasana Depok pada zaman Belanda. Termasuk foto-foto rumah keluarga Jacob Huis yang masih tampak antik. Foto-foto itu tergantung di dinding bersama beberapa benda antik. 

Salah satu baristanya, seorang gadis yang ternyata pandai membuat hiasan gambar pada toping kopi dengan susu. Dialah yang membawakan kopi-kopi yang telah siap kepada kami, penikmat kopi. Oh ya, kopi-kopi di sini semua jenis Arabika dari Jawa Barat. 

Ngopi (dok.pri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar