Minggu, 07 November 2021

Solar Panel Untuk Perumahan Hemat Listrik



Beberapa waktu yang lalu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mewajibkan semua pabrik menggunakan solar panel untuk energi listrik. Ini adalah langkah yang tepat untuk mengantisipasi krisis energi karena minyak dan gas semakin habis.

Solar panel adalah teknologi masa depan yang dibutuhkan manusia. Selain menggantikan minyak dan gas, energi yang menyerap sinar matahari ini tidak akan kekurangan selama matahari tetap ada di dunia.

Teknologi solar panel tidak hanya bisa dipakai di musim panas, tetapi juga di musim hujan. Sistem solar panel, menyerap cahaya matahari dan mengubahnya menjadi energi lalu disimpan dalam baterai. Sehingga ketika musim hujan, tetap tersedia listrik.

Karena itu sangat tepat jika perumahan atau rumah-rumah penduduk juga menggunakan solar panel. Dengan dey menjamin pasokan listrik, di samping menekan biaya rumah tangga karena pemakaian listrik. Solar panel membuat kita hemat biaya.

Berdasarkan data PBB, sektor bangunan gedung berperan dalam produksi emisi karbon dan gas rumah kaca secara global, memiliki kontribusi sebesar 39 % terhadap emisi karbon dunia. Namun, sekitar 40 % dari bangunan komersial yang ada saat ini tidak dapat memanfaatkan pembangkit listrik energi surya karena sebagian besar solar panel terlalu berat untuk dipasang di atap bangunan. 

Pada umumnya atap-atap rumah juga tidak dirancang bangun untuk menahan beban alias hanya sebagai penutup rumah saja. Sekarang hal itu terpecahkan dengan adanya inovasi solar panel yang lebih tipis dari pensil.

Solar panel yang lebih tipis dari pensil yang dinamakan Maxeon Air™ baru saja dirancang dan sedang dibuat oleh perusahaan yang berbasis di Singapura, Maxeon Solar Technologies. Ketersediaan produk ini ke khalayak umum dijadwalkan akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2022.

Selain ekstra tipis, solar panel ini juga ekstra ringan lho, hanya memiliki berat 6kg per meter persegi, setengah berat dari kebanyakan solar panel konvensional! Sungguh akan menjadi revolusi dalam teknologi pemanfaatan Energi Terbarukan.

#solarpanel #panelsurya #hematlistrik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar