Senin, 15 November 2021

Men Sana In Corpore Sano Dalam Konteks Kekinian


Di masa pandemi Covid 19, kesehatan kita telah digerogoti, baik fisik dan mental. Tetapi pada umumnya orang lebih memperhatikan dan memedulikan kesehatan fisik, sedangkan kesehatan mental terabaikan. Padahal, kesehatan mental sangat memengaruhi kesehatan fisik.

Beberapa persoalan yang melanda masyarakat di masa pandemi, antara lain: pertama, kehilangan mata pencaharian. Akibatnya minimnya aktivitas perekonomian, banyak perusahaan yang memberhentikan karyawan sehingga pengangguran meningkat. Mereka tidak memiliki penghasilan, padahal kebutuhan sehari-hari tetap berjalan.

Kedua, kehilangan anggota keluarga dan orang-orang yang disayangi. Covid 19 ini merenggut nyawa manusia tanpa pandang bulu, tidak terduga, dapat menimpa siapa saja. Kehilangan anggota keluarga secara tiba-tiba merupakan kesedihan yang mendalam, membuat orang menjadi stres.

Ketiga, kehilangan aktivitas dan kegiatan. Selama hampir dua tahun kita harus membatasi diri agar tidak keluar rumah. Bagi orang yang biasa beraktivitas di luar, ini menyebabkan depresi.

Akibatnya, orang yang mengalami depresi meningkat. Daya tahan tubuh semakin lemah, maka rentan menjadi korban pandemi. Telah terjadi ketidakseimbangan antara jasmani dan rohani. Tanpa disadari, menyebabkan kematian. 

Tanggal 12 November 2021 diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional ke-57. Pada hari itu  juga IziHealth dan Pulih@thePeak melakukan kolaborasi untuk meningkatkan kesehatan mental masyarakat Indonesia. Mungkin kita ingat yang  karena pepatah latin Mens Sana in Corpore Sano, agar  kualitas sumber daya manusia  Indonesia semakin bagus sehingga aktif berperan dalam membangun negeri.


 

Kolaborasi ini dipaparkan dalam webinar "Mengenal Lebih Dalam Mens Sana in Corpore Sano (didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat)".  Narasumber yang hadir adalah Christian Adiputra, Head of Operasional Izi Sehat Eternal, Dra. Diah Astarini, yayasan Pulih@thepeak,  dan Anggina Salamah, nutrition coach.

IziHealth merupakan website lengkap untuk konsultasi dan belanja keperluan produk kesehatan keluarga. Di sini kita bisa mendapatkan pelayanan untuk kesehatan mental dengan konsultasi mengenai masalah yang dihadapi.

Fitur-fitur IziHealth dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan jawaban terhadap permasalahan kesehatan. Ada fitur chat dan video call yang langsung berhubungan dengan praktisi kesehatan sehingga mereka bisa mengungkapkan secara detail.

IziHealth bertujuan memberikan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Dalam rangka HKN ini, IziHealth mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Karena itu IziHealth menggandeng Pulih@thePeak untuk kesehatan mental. 

"Harapannya, langkah kecil kami, bisa tersebar luas ke pelosok negeri," kata Christian. 



Konsultasi kesehatan mental diberikan oleh  psikolog dan bahkan mendapat pengobatan dari psikiater. Psikolog akan memberikan psikoterapi bagi yg mengalami gangguan emosional dan psikiater bisa memberikan obat untuk gangguan emosi yg dialami.

Jika anda merasa memiliki masalah dengan kesehatan mental, maka buka saja link Izihealth Konsultasikesehatan .

 Menjaga kesehatan fisik:

Dalam kesempatan itu, Anggina menjelaskan pentingnya asupan nutrisi lewat makronutrisi dan mikronutrisi. Ternyata kekurangan karbohidrat menyebabkan emosi tidak stabil. Kita sering mendengar betapa mudahnya orang marah hanya gegara masalah sepele.

Perlu diketahui, karena kekurangan karbohidrat maka tidak ada glukosa yang bisa dipecah dan disebar ke otak. Jika alasannya diet, dia harus belajar lagi tentang karbohidrat. Fakta menunjukkan  karbohidrat itu makronutrisi penting bagi tubuh. Manusia membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi untuk berkegiatan sehari-hari.

Sebetulnya, menurunkan berat badan bukan meniadakan karbohidrat tapi kalori harian dikurangi. Demikian pula sebaliknya, mau menaikkan berat badan juga kalorinya yang dinaikkan bukan hanya semata karbohidrat diperbanyak.

Satu hal yang harus dicamkan adalah keseimbangan energi masuk (makanan dan minuman) sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Energi keluar karena aktivitas, di sini pentingnya berolahraga. Kalau seimbang, maka berat badan akan stabil. 

Olahraga bukan hanya menjaga berat badan stabil, tapi juga meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko terkena stroke, menstabilkan tekanan darah, dsb. Untuk kesehatan mental, olahraga memperbaiki suasana hati dan membangkitkan hormon bahagia. 

Justru yang harus diperhatikan adalah membatasi lemak yang masuk. Sebagai gambaran, satu sendok makan minyak goreng, setara dengan satu porsi nasi. 

Keseimbangan lain yang juga penting adalah nutrisi yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Harus ada vitamin dan serat agar tidak terjadi malnutrisi. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar