Minggu, 24 Oktober 2021

7 Cara Membuat Anak Menyukai Buku

 


Minat baca orang Indonesia termasuk paling rendah di dunia. Sungguh miris, padahal dengan membaca, bisa diperoleh berbagai macam ilmu pengetahuan.

Hal tersebut diperparah dengan banyaknya games yang membuat anak tidak tertarik untuk membaca. Apalagi jika kita sebagai orangtuanya tidak mendidik mereka untuk menyukai buku-buku. Ironinya,  ibu-ibu muda yang justru menyodorkan gawai agar anaknya tidak menangis.

Namun kita yang memiliki kesadaran pentingnya membaca buku, harus berusaha keras mendidik mereka. Setidaknya, ada 7 cara yang bisa dilakukan agar anak-anak menyukai buku-buku.

7 cara tersebut adalah:

1. Memberi hadiah buku-buku cerita yang menarik. 

Kalau ada anak yang berulang tahun, berikan hadiah buku yang menginspirasi anak untuk berimajinasi. Misalnya buku petualangan. Kalau usia SD, misalnya serial Lima Sekawan.

2. Ajak ke perpustakaan besar.

Perpustakaan modern menjadi tempat yang menarik. Selain koleksi buku yang lengkap, desain interior dan eksterior perpustakaan unik dan menarik. Sehingga membuat betah para pengunjung.

3.  Biarkan mereka memilih

Kalau orangtua menyukai buku-buku politik, jangan paksa mereka juga menyukai buku-buku sejenis. Biarkan mereka memilih sesuai dengan minatnya.

4. Orangtua sebagai teladan

Orangtua memberikan contoh membaca secara rutin. Misalnya Minggu pagi sambil rileks di teras. Ajak seluruh keluarga dan sediakan cemilan serta minuman. 

5. Jangan pelit untuk membeli buku.

Berbagai bacaan bisa diperkenalkan kepada anak sesuai dengan usianya. Buku-buku menarik mulai dari buku cerita bergambar, buku humor anak, buku latihan membaca, novel anak, dan komik, dapat dengan mudah dibeli di toko buku. Orangtua jangan pelit membeli buku-buku tersebut.

6. Membacakan  dongeng atau cerita untuk anak balita dan SD

Anak usia balita, belum bisa membaca. Tetapi dengan dibacakan dongeng atau cerita yang menarik, mereka akan penasaran untuk dapat membaca. Setelah itu mereka menyukai buku-buku.

7. Beri pertanyaan menyoal buku yang ia baca

Ketika anak usai membaca buku, kita bisa menguji dengan menanyakan isinya. Hal ini untuk memancing daya ingat anak dan mengetahui sejauh mana ia menyukai buku tersebut. Jika buku yang ia baca menurutnya sangat menarik, pasti ia sangat antusias bercerita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar