Senin, 04 November 2019

Cari Tahu Perkembangan Industri Digital di Connect 2019


Perkembangan industri digital melesat cepat seiring dengan perkembangan teknologi. Kalau kita tidak mengikuti, tentu akan ketinggalan zaman. Soalnya, soalnya boleh dikatakan bahwa hampir semua bisnis sekarang berbasis internet.

Karena itulah saya senang hadir dalam event Connect 2019 yang berlangsung pada tanggal 30 dan 31 Oktober lalu di JCC Senayan. Event yang digelar oleh Traya Kita Indonesia ini mempertemukan pebisnis berbasis teknologi seperti start up.



Dalam talk show hari Kamis, 31 Oktober, hadir beberapa narasumber yang kompeten. Pertama adalah Hery Sofiaji, Head of Micro Product Loan Department PT Bank Mandiri. Dia memaparkan bagaimana meningkatkan layanan teknologi finansial dalam menghadapi persaingan di dunia digital.

Bank Mandiri telah menggandeng platform jual beli online seperti Bukalapak dan Tokopedia. Selain itu, bank ini telah memberikan pinjaman dengan kelebihan antara lain:
1. Limit pinjaman hingga 200 juta.
2. Bisa diambil dalam 6, 9, 12 bulan.
3. Bunga mulai 0.99 flat
4. Biaya administrasi murah
5. Proses pencarian pinjaman 24 jam.

Narasumber kedua adalah bapak Joddy Hernady,E Digital & Next Business Telkom group. Ia menuturkan bahwa industri hiburan digital mempunyai potensi yang sangat besar. Hal ini dilihat dari tingkat pendapatan yang diperoleh melalui film, musik dan game.

Oleh sebab itu, Telkomsel memprioritaskan industri digital entertainment untuk video dan game. Fakta menunjukkan, pertumbuhan industri ini yang tercepat di Asia Tenggara. Sayangnya, perusahaan game di Indonesia masih sedikit.

Joddy mengungkapkan tiga tantangan yang harus dihadapi; minimnya jumlah perusahaan, rendahnya investasi dan kurangnya talenta.

Sedangkan narasumber ketiga, Ridho Khusnul Fadhil, CEO Humblezing Company memberi catatan:
1. Awareness, melalui sesuatu yang mudah diingat konsumen, seperti logo.
2. Engagement, kita lihat bagaimana konsumen tertarik dengan memberi like dan komentar di media sosial.
3. Consideration, teknik penyampaian pesan dalam media sosial.
4. Purchase,Dokumen yang dibuat oleh pembeli.
5. Adaption (langkah atau proses pengambilan keputusan pembelian)

  • 6. Retention, Peningkatan keuntungan dari pelanggan yang sudah ada.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar