Selasa, 08 Oktober 2019

Street Photography: Belajar Melihat Apa yang Tidak Terlihat


Sebagaimana blogger lainnya, saya juga senang memotret, sebab foto adalah pendukung tulisan. Namun lebih dari itu, saya juga seorang traveler yang hobi menyusuri jalanan. Sudah pasti dalam setiap kesempatan, mengabadikan momen di sepanjang perjalanan.

Nah, kebetulan ketika komunitas Blogger Crony mengisi event IIFEST di Senayan, salah satu acaranya adalah belajar Street Photography. Tentu saja yang mengisi sesi ini adalah orang yang sangat berpengalaman yaitu Widya Sartika Amrin. Dia juga merupakan anggota Blogger Crony pada waktu awal pendirian.

Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 yang lalu, saya pun meluncur ke GBK Senayan. Di tengah cuaca yang sangat panas itu saya bertekad hadir di booth Blogger Crony bernomor 13 untuk belajar Street Photography. Untunglah saya termasuk yang dapat lebih awal.



Pukul empat sore lebih sedikit, sesi ini dimulai dengan dipandu oleh founder Blogger Crony yaitu mas Satto Radji. Bersama saya ada sekitar sembilan anggota komunitas yang memang tertarik pada hal ini.

Menurut mbak Widya, yang sudah sering menjelajahi dunia ini, dalam street photography ini kita harus pandai melihat apa yang tidak terlihat untuk orang lain. Untuk itu kita harus jeli dan rajin mengamati ketika sedang berada di jalan. Apakah ada sesuatu yang unik, atau yang menarik perhatian.

Sebagai contoh, jika kita memperhatikan zebra cross, maka lihatlah apakah ada orang yang berjalan di atasnya dengan menggunakan baju bergaris. Kalau ada, maka itu menjadi sesuatu yang menarik untuk difoto.

Contoh lain, kalau ada orang yang berjalan dengan perbedaan yang mencolok. Satu orang yang terlalu kurus dengan orang lain yang terlalu gemuk. Atau orang yang terlalu pendek dengan orang yang teramat tinggi. Kadang juga kita bisa mengambil foto menarik dari adegan beberapa orang secara bersamaan. Begitu pula jika ada kesamaan orang dengan tempat di sekitarnya.

Pelajaran street photography ini membuka mata kita bahwa ternyata banyak sekali obyek menarik yang bisa difoto. Padahal biasanya kita mengabaikan hal itu, sama sekali tidak memikirkannya. Sesi ini menambah ilmu saya tentang photography.

Setelah mendengar uraian mbak Widya, kami diberi kesempatan melakukan hunting foto di sekitar area IIFEST. Pada waktu Maghrib kami berkumpul kembali untuk membicarakan hasilnya.



Terima kasih Blogger Crony dan mbak Widya, ilmu ini sangat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar