Rabu, 22 Agustus 2018

Menjaga Asupan Nutrisi Untuk Orang Tua




Kita tidak bisa melawan bertambahnya usia. Seiring dengan berjalannya waktu, keadaaan fisik seseorang akan terus berkurang. Terutama ketika telah menginjak angka 50 tahun. Kita akan merasa lemah, cepat letih dan tanda-tanda fisik menua seperti keriput semakin banyak.

Namun bukan berarti kita diam saja dan menerima apa adanya. Kita tetap wajib berusaha menjaga dan memelihara tubuh kita. Toh, kita tidak ingin menjadi orang yang penyakitan di hari tua. Tida ada orang yang ingin hidup menderita pada sisa usianya.

Untuk itu, tentu saja ada beberapa hal yang harus diupayakan. Kita dapat mempertahankan kesehatan dan kekuatan dengan cara-cara yang kita mampu lakukan. Meski hasilnya tidak akan sama seperti ketika muda dahulu.

Pola Hidup Sehat

Hal utama yang harus diperhatikan adalah pola hidup sehat. Seperti sebuah mesin, pertambahan usia membuat organ tubuh semakin soak. Kita bisa memperlambatnya dengan pola hidup sehat agar tidak bertambah lemah dan rentan penyakit.

Olahraga dan aktivitas fisik seharusnya tetap menjadi bagian dari gaya hidup orang tua. Karena aktivitas ini membantu fisik agar tetap sehat dan bugar. Semakin jarang beraktivitas atau berolahraga, maka fisik semakin lemah

Olahraga dan aktivitas tinggi lainnya bermanfaat pula untuk membakar kalori. Ingatlah bahwa metabolisme semakin lambat ketika usia menua. Jika kurang gerak, kalori bertumpuk di dalam tubuh dan memicu serangan penyakit jantung, diabetes, oestoporosis dsb.

Selain itu menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. Bukan rahasia lagi jika banyak orang tua yang dihinggapi penyakit asam urat, kolestrol, darah tinggi dsb. Maka kita harus berhati-hati terhadap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Nutrisi yang baik untuk orang tua

1. Makanan yang mengandung Vitamin B 12. Makanan ini sangat diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 dapat ditemukan pada sereal yang difortifikasi sehingga dapat diserap oleh tubuh. Vitamin ini bisa masuk bersama protein hewani seperti telur atau daging.

2. Buah Pisang. Mengkonsumsi buah pisang dapat mencegah penyakit stroke dan serangan jantung karena tekanan darah tinggi. Buah pisang mengandung kalium yang dibutuhkan tubuh manula. 

3. Banyak minum air putih. Orang tua mudah mengalami dehidrasi, karena itu perbanyaklah minum air putih. Apalagi jika telah mengkonsumsi obat-obatan, air putih bisa menetralisir efek samping dari obat-obatan.


4. Orang tua lebih membutuhkan kalsium yang terkandung dalam susu, karena kadar laktosa dalam tubuh menurun. Banyak produk susu untuk orang tua yang tinggi kalsium dan rendah kalori, sesuai dengan kebutuhan tubuh.

5. Asupan Vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk menyerap kalsium. Kita bisa mendapatkan vitamin D ini pada sinar matahari pagi.

6. Lutein untuk penglihatan. kemampuan mata untuk melihat dan membaca menurun ketika usia menua. Beta Carotene dan vitamin A membantu meningkatkan kemampuan kognitif. sedangkan Lutein dapat ditemukan apda sayuran seperti bayam dan brokoli, buah anggur dan jeruk serta kuning telur.

7. Makanan berserat. Serat terdapat pada sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Kita memerlukan serat untuk menyehatkan pencernaan. Serat juga menurunkan resiko peradangan gastrointestinal, menurunkan kolestrol dan gula darah.

8. Mengkonsumsi karbohidrat yang sehat. Misalnya karbohidrat dari bauh-buahan seperti pisang, alpukat dll.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar