Senin, 22 Januari 2018

Antrian E-Passport yang Membuat Lelah Lahir dan Batin


Festival keimigrasian yang diselenggarakan kemarin, Minggu 21 Januari 2018 benar-benar di luar dugaan.  Minat warga yang ingin membuat electronic passportternyata membludak.  Meski telah diumumkan bahwa permintaan e-passport yang akan diakomodir hanya 1600, tetapi warga yang datang berjumlah dua kali lipat.

Saya mengetahui tentang pembuatan e-passport dalam festival imigrasi ini dari media sosial facebook. Dua buah foto beredar yang menjelaskan tata cara pembuatan e-passport dalam festival tersebut. Kebetulan, pikir saya. Passport saya sudah habis masa berlakunya, saya harus memperpanjang lagi karena tahun ini ada rencana kembali ke Turki.

Sebenarnya memang sekarang ada layanan pembuatan passport/e-passport melalui online. Kita daftar melalui aplikasi online, dan akan diberi nomor antrian. Masalahnya, setiap wilayah hanya tersedia jatah 150 orang per hari. Dan entah kenapa, setiap mendaftar selalu dikatakan bahwa kuota habis. Belakangan disinyalir bahwa ada pendaftar fiktif yang diduga dilakukan calo. Kini masalah itu dalam penyelidikan yang berwajib.

Maka festival imigrasi yang berlokasi di Monas ini membuat saya exiting. Duh, kapan lagi membuat e-passport tanpa berbelit-belit. Saya screen-shotpengumuman yang ada di facebook sebagai panduan. Menurut rencana, saya mau berangkat setelah shubuh. Setidaknya ada alasan sekaligus berolahraga di hari Minggu dengan berjalan kaki ke Monas.

Untunglah hujan berhenti tepat pada saat adzan Shubuh, saya pun berangkat.Di stasiun, saya membeli beberapa kue kecil untuk sarapan ala kadarnya. Commuter Line dalam keadaan kosong, saya duduk sambil tidur leyep-leyep. Tepat di stasiun Juanda, saya turun. Kemudian menuju Monas dengan berjalan kaki.

Ternyata saya melakukan kesalahan, semula mengira pintu barat daya dimana festival imigrasi dilangsungkan adalah yang dekat dengan istana. Nggak tahunya itu adalah pintu yang berada di dekat patung kuda. Jadi saya pun kembali berjalan kaki ke arah sana. Betapa kagetnya saya ketika tiba di lokasi, sudah ada antrian orang yang mengular.

Antrian itu sepanjang tenda imigrasi ke arah Monas, balik lagi ke arah patung kuda, lalu mengular lagi ke arah Monas. Saya perkirakan sudah lebih dari 1000 orang yang mengantri. Padahal itu belum juga jam tujuh pagi. Lho, orang-orang ini datang dari mana? apa mereka tidak berolahraga di hari Minggu dan memilih antri e-passport?

antrian sudah mengular mulai jam lima pagi (dok.pri)
antrian sudah mengular mulai jam lima pagi (dok.pri)
 
Saya hampir putus asa melihat antrian itu. Kalau saya ikuti antrian yang paling belakang, entah nomor berapa saya akan dapat. Untunglah ada yang berbaik hati menyelipkan saya di tengah antrian dan kebetulan orang lain juga tidak memperhatikan saya yang baru datang.  Lalu saya berdiri sebagaimana yang lain.

Antrian nyaris tak bergerak, maklum ternyata tenda tempat pembuatan e-passport belum dibuka. Sebagian orang mulai duduk kelelahan di pinggiran, atau juga menggelar koran dalam antrian.  Para petugas sudah bersiap-siap, tetapi  para peminat e-passport masih saja berdatangan seperti air bah. Ketika jarum jam menunjukkan pukul 07.30, antrian sudah dua kali lipat dari waktu saya datang. Mungkin jumlahnya kini lebih dari 2000 orang.

Untuk membunuh rasa lelah, kami saling mengobrol dengan orang-orang yang berada di antrian terdekat. Tak disangka bukan hanya orang yang berada di wilayah DKI atau Jabodetabek. Ada yang berasal dari Majalengka dan kota-kota lain. Mereka bercerita telah datang sejak Sabtu sore dan menginap di masjid Istiqlal.

Pintu Monas telah dibuka sejak jam lima pagi, dan orang-orang yang memang sengaja datang untuk membuat e-passport langsung menyerbu masuk. Jadi antrian ini telah dimulai sejak jam lima tersebut. Pantas saja ketika saya datang sudah ada lebih dari seribu orang dan mengular dua kali lipat.

Antrian mulai bergerak ketika tenda dibuka dan petugas membagikan map kuning dengan logo imigrasi. Meski begitu tetap saja pergerakan itu sangat lambat. kami maju hanya semeter-semeter saja. Alhasil berjam-jam berdiri, kaki terasa menjadi kaku dan kram. Untuk mencapai tenda, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam. Bayangkan betapa pegalnya kaki ini berdiri. Untung cuaca cukup bersahabat, tidak panas juga tidak hujan.

Antrian bertambah panjang, masih saja banyak orang yang datang. Ini sih sudah jelas melebihi kuota yang ditetapkan. Saya dengar dari petugas, kalau kuota ditambah menjadi 2000 orang tetapi, orang yang datang melebihi ekspektasi. Ketika antrian saya mulai mendekati tenda, ada sedikit kekisruhan. Petugas membubarkan antrian orang-orang yang sudah tidak kebagian kuota. Mereka marah dan protes, berusaha merangsek ke depan.

Sekitar pukul 10.00 barulah saya kebagian masuk tenda, mendapat map berisi formulir. Saya duduk menginistirahatkan kaki sambil mengisi fromulir. Tidak banyak berkas yang saya masukkan, karena untuk memperpanjang hanya dibutuhkan e-KTP dan passport lama. Saya kebagian jatah di imigrasi Tanjung Priok.

antrian wilayah Tanjung Priok (dok.pri)
antrian wilayah Tanjung Priok (dok.pri)
 
Setelah mengisi berkas, kemudian dipanggil beberapa orang, masuk kembali antrian di dalam tenda. Pemanggilan ini tidak bisa sekaligus banyak, hanya lima orang, karena proses di dalam juga membutuhkan waktu. Untung di dalam tenda disediakan kursi-kursi  untuk orang yang mengantri, sesuai dengan wilayah yang di dapatnya. Saya berada di bagian antrian Tanjung Priok.

Saya mendapat nomor 108. Setelah dipanggil, saya menyerahkan formulir dan berkas persyaratan, yaitu fotokopi e-KTP dan passport lama beserta aslinya. Kemudian petugas mencari data saya di komputer dan dicocokkan. Setelah semuanya klop, barulah saya dipersilakan menuju antrian untuk foto wajah dan sidik jari. Proses yang saya jalani relatif lebih singkat dibandingkan dengan pembuatan passport baru.

Lalu saya pindah ke bagian antrian tersebut. Di sini waktu yang dibutuhkan cukup lama karena untuk memotret dan merekam sidik jari harus dilakukan dengan seksama. Apalagi terhadap orang-orang yang belum pernah memiliki passport, mereka mendapat pertanyaan yang lebih mendetil. Ada yang lebih dari setengah jam per orang.

antrian foto dan sidik jari (dok.pri)
antrian foto dan sidik jari (dok.pri)
 
Saya mulai merasa pusing. di luar tadi saya berdiri lebih dari tiga jam. Sedangkan di dalam tenda ini, waktu sudah menunjukkan pukul 12 lebih dan saya belum dipanggil. Udara di dalam tenda terasa pengap karena jumlah standing AC tdiak sebanding dengan jumlah manusia yang berada di dalamnya.

Saya pun membunuh waktu dengan berbincang-bincang bersama orang-orang yang berada di sebelah menyebelah. Kalau orang tua, yang berjilbab dan berkopiah, tujuannya membuat e-passport adalah karena mau melaksanakan ibadah umroh. Namun kalau anak-anak muda, ada yang melanjutkan studi ke luar negeri dan ada yang hanya jalan-jalan saja.  Saya pikir, kalau berada di sini tak tampak orang Indonesia yang miskin.

Akhirnya saya mendapat giliran. Seperti waktu pemeriksaan berkas, proses ini juga tidak begitu lama saya jalani, karena data saya sudah ada di dalam komputer. Petugas tinggal mencocokkan saja, lalu mengambil foto terbaru dan identifikasi sidik jari. Setelah itu saya mendapat formulir untuk membayar biaya e-passport di antrian sebelah.

Kemudian saya mengantri lagi untuk yang terakhir. Proses pembayaran bisa secara tunai dan juga bisa menggunakan non tunai. BNI memberi fasilitas bagi yang membayar non tunai, dengan kartu bank apapun. Lebih cepat antrian non tunai daripada antrian secara tunai. Saya memilih non tunai meski juga membawa uang cash. E-passport ini baru bisa diambil tanggal 30 Januari.

resi pembayaran e-passport (dokpri)
resi pembayaran e-passport (dokpri)
 
Keluar dari tenda dengan menarik nafas lega. Waktu telah menunjukkan pukul satu siang. Satu hal yang langsung dilakukan adalah mencari toilet. Maklum selama berjam-jam mengantri, harus menahan diri untuk tidak ke toilet karena antrian bisa beralih kepada orang lain. Matahari mulai menunjukkan keperkasaannya, bersinar terik di seluruh kawasan Monas.


–– ADVERTISEMENT ––

Tidak ada komentar:

Posting Komentar