Senin, 14 Agustus 2017

Blogger Belajar Menjadi Dubber, Training Seru Dari BRID



Blogger belajar sulih suara atau dubbing, apa nggak salah? Ah, nggak ada yang salah kok. Semua ilmu yang berguna bisa dipelajari. Siapa tahu bisa dimanfaatkan di waktu mendatang. Apalagi yang mengajar adalah dubber profesional.

Blogger Reporter ID (BRID) memang jempolan, membuat acara seru dan menarik yang belum pernah diselenggarakan komunitas lain. Kali ini bikin training dan belajar sulih suara bersama Agus Nurhasan, pengisi suara film Doraemon, sebagai Suneo dan juga film2 lain.

Acara ini berlangsung di Wisma Riat, jalan Petogogan Utara, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017 yang lalu.  Teman-teman Blogger sangat antusias mendengarkan pemaparan dari mas Agus, yang dipandu oleh pembaca acara, Hani S dari BRID. Tarining ini sifatnya santai tapi serius, karena berhubungan dengan seni.

Mas Agus menjelaskan, untuk menjalankan profesi sebagai dubber, yang paling penting adalah menjaga kualitas suara. Sebab, suara ini yang menjadi andalan, bisa memainkan karakter dari perubahan intonasi.

Dalam satu kalimat saja, kita bisa melatih diri untuk beberapa karakter dan sifat. Misalnya, kalimat itu diucapkan dalam keadaan marah. Lain lagi jika diucapkan dengan nada pasrah, atau jika dikatakan dengan nada takjub.

Seorang dubber yang sudah ahli, bisa memainkan beberapa karakter sekaligus. Misalnya dalam satu film kartun, ia bisa bersuara sebagai seorang ibu, seorang anak, atau bahkan seorang ayah. Maka tak heran jika sebenarnya sebuah film, dubbernya tidak banyak.

Untuk seorang dubber, latihan suara adalah mutlak. Salah satu cara melatih suara adalah membaca keras-keras. Dengan membaca, kita terbiasa dengan artikulasi, sehingga kalau menyuarakan dialog sewaktu dubbing, tidak ada salah pengucapan huruf. Begitu pula dengan intonasi.

Latihan rutin akan sangat membantu melancarkan pembacaan scrpt dan dialog dalam film. Latihan bisa dilakukan dimana saja, di rumah atau di alam bebas. Selain itu, kita juga harus menjaga asupan makanan, jangan sampai mengkonsumsi makanan yang bisa merusak suara.

Mas Agus mengajak kami latihan mengolah suara. Mulanya dengan nada vokal, A, yang dipanjangkan menjadi aaaaaa. Selanjutnya adalah huruf-huruf vokal yang lain. Kadang nada juga dimainkan menjadi rendah atau tinggi.

Hal yang paling seru adalah ketika kami berlatih mengisi suara dari dialog dalam skenario sandiwara. Temanya adalah 'kawin lagi'. Ada yang berperan sebagai ayah, ada yang berperan sebagai ibu/nenek, ada yang berperan sebagai adik dan ada yang berperan  sebagai anak-anak.

Mas Agus membagi kami menjadi empat kelompok yang terdiri dari dua lelaki dan  empat perempuan, sesuai dengan karakter dalam dialog sandiwara tersebut. Dari empat kelompok itu, Mas Agus menilai, mana yang sudah sesuai, dan mana yang belum. Mas Agus juga memberitahukan dimana kekurangan masing-masing.

Ingin menjadi dubber? boleh saja kok. Menurut Mas Agus, perlu ada regenerasi dubber. Apalagi banyak film yang butuh sulih suara. Blogger bisa menjadi dubber dengan menjalani latihan terlebih dahulu. Sanggar Mas Agus di Tangerang membuka peluang untuk itu. Ada yang tertarik?

Gogobli.com

Eh setelah latihan selesai, kami mendapat sebuah goodie bag, isinya seabreg cindera mata Gogobli.com. Itu lho, toko online yang bergerak di lingkup kesehatan dan kecantikan. Toko online ini telah berdiri sejak tahun 2011 dan menjadi rujukan utama untuk kebutuhan mengenai kesehatan dan kecantikan.

Gogobli.com memiliki SDM profesional yang membuat kita merasa senang berbelanja di toko online ini. Belanja dan mencari kebutuhan kesehatan dan kecantikan menjadi jauh lebih mudah. Karena itu menjamin kepuasan pelanggan.

Kalau belanja produk di Gogobli.com kita tidak perlu kuatir akan kualitas barang. Toko online ini selalu menjaga kualitas barang/produk yang ditawarkan, dari supplier terpercaya. Gogobli.com hanya menjual produk yang mempunyai merek dan reputasi yang baik dengan jaminan dari BPOM, aman untuk digunakan konsumen.

Mungkin kita sering mendengar penipuan melalui toko online lain. Tapi kalau Gogobli.com nggak pernah tersangkut kasus semacam itu. Nah, coba saja buka link https://www.gogobli.com/artikel-697-kemudahan-berbelanja-di-gogobli-html



Terima kasih BRID untuk kesempatan ini.
Terima kasih pada Gogobli.com yang memebrikan cindera mata
dan terima kasih pada Mas Agus Nurhasan atas ilmunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar