Sabtu, 18 Juni 2016

Mencegah Penyakit Lebih Murah Daripada Menanggulangi Penyakit

Adakah orang yang bercitacita menjadi orang sakit? tentu tidak ada. Tak ada yang ingin hidupnya diwarnai dengan  keluar masuk rumah sakit dan meminum obat berbulan-bulan. Apalagi biaya perawatan dan obat-obatan semakin meningkat setiap tahunnya. Menjadi masalah berat jika orang yang tingkat perekonomiannya pas-pasan, harus masuk Rumah Sakit.

Boleh dikatakan semua orang ingin happy, hidup normal tanpa gangguan apapun. Begitu pula dengan saya, sedapat mungkin menjauh dari rumah sakit, tetap beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Namun untuk itu saya harus berusaha agar terhindar dari segala macam penyakit. Bagaimana caranya? menjaga kesehatan agar bisa mencegah penyakit datang kepada kita. Dan itu jauh lebih murah daripada biaya pengobatan.

Beberapa hal yang harus saya lakukan:

1. Pola Hidup Sehat
    Berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar tubuh tidak menjadi lemah dan mudah diserang penyakit. Idealnya adalah olah raga, tetapi mengingat kesibukan dan aktivitas di ibukota sangat padat, maka minimal rajin bergerak. Di dalam rumah, rajin bergerak adalah mengerjakan pekerjaan rumah sendiri seperti menyapu, mengepel, mencuci dll. Sedangkan kalau di luar rumah atau dalam perjalanan, usahakan tidak memanjakan diri dengan kendaraan. Misalnya, jalan kaki beberapa ratus meter, naik turun tangga penyeberangan. atau naik turun tangga stasiun. Gerakan-gerakan itu sudah mendekati olahraga, melatih otot-otot dan tulang kita.

2. Memakan makanan sehat
    Makanan lezat biasanya mengandung lemak dan kolestrol yang tinggi. seperti kue tart dan makanan-makanan kecil serta masakan bersantan. Makanan jenis junk food, yang banyak dijual di restoran cepat saji juga demikian. Kita harus membatasi memakan makanan-makanan itu. Makanan yang baik adalah makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin. Karena itu saya sennag sekali memakan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan serat dan vitamin. Buah favorit saya adalah pisang dan pepayan. Kedua jenis buah ini kaya vitamin, kaya serat, anti oksidan dan murah harganya.

3. Sensisitf terhadap perubahan pada tubuh
    Saya selalu menandai jika ada yang terasa kurang beres di dalam tubuh. Misalnya tubuh terasa linu dan meriang,biasanya karena masuk angin. Maka saya akan segera minum air jahe (bisa bikin sendiri atau beli) agar tubuh merasa hangat dan anginpun keluar. Sedangkan jika saya merasa pundak  dan sekitar leher terasa kaku dan nyeri, ditambah bersin-bersin, maka berarti saya terserang gejala flu. Maka saya akan minum lebih banyak vitamin C atau memakan buah-buahan yang  tinggi vitamin C-nya.

4. Imunisasi
    Dalam kasus penyakit menular, maka tindakan pencegahan adalah dengan melakukan imunisasi. Saya teringat dahulu pernah imunisasi untuk penyakit cacar, TBC dll. Syukurlah saya terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. Karena semakin ganasnya kuman dan virus di zaman sekarang, imunisasi menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah penyakit.

In Harmony Clinik adalah salah satu tempat yang menyediakan imunisasi terhadap penyakit-penyakit yang berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar