Jumat, 25 Maret 2016

Keren, AMPUH Bikin Anak Muda Tergerak Menjadi Pengusaha


Era digital memang milik anak muda. Sungguh menakjubkan melihat anak-anak muda muncul sebagai entrepreneur yang mampu mengangkat perekonomian bangsa dan negara. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, kesempatan untuk mengembangkan usaha terbuka lebar. Apalagi dengan adanya dukungan dari pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan UKM.
Dalam acara keren bertajuk Anak Muda Kreatif dan UMKM Digital, kita menjadi melek bahwa peluang berbisnis ada di hadapan generasi muda. Hadir sebagai pembicara adalah Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Braman Setyo, serta Koordinator Entrepreneurship Initiative, Mirwan Suwarso. Acara ini terselenggara berkat kerjasama FBI (Forum Berbagi Informasi) dengan Ampuh. Restu Utami memandu diskusi tersebut pada Rabu siang (23/3) di Bakoel Cafe, Cikini, Jakarta Pusat. Acara berlangsung atraktif dimana para hadirin menggali informasi sebanyak mungkin dari kedua narasumber.

Braman Setyo mengungkapkan bahwa 98,77% pelaku usaha adalah dari usaha mikro. Karena itu pemerintah menyediakan dukungan pembiayaan melalui Kemenkop dan UKM. Tentu saja pemerintah juga bekerja sama dengan Perbankan dan lembaga-lembaga terkait lainnya. Usaha mikro ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian rakyat kecil.
Pada masa lalu, sebelum pemerintahan Presiden Jokowi, rakyat kecil sulit mendapatkan dana untuk modal usaha. Bahkan mereka mengalami berbagai hambatan seperti birokrasi yang berbelit-belit dan terjebak dalam praktik suap-menyuap. Namun sekarang semua telah dipangkas, pemerintah telah menciptakan e-proposal, dimana para pelaku usaha cukup mengirimkan proposal dan persyaratannya melalui internet.
Nah, jelas ini menjadi peluang bagus, terutama bagi pelaku usaha yang berbasis digital. Kita tahu sekarang penjualan online menjadi trendy. Berbagai jenis produksi dipasarkan melalui dunia maya. Kondisi itu mendorong tumbuhnya aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan para pelaku usaha mendapatkan market sesuai target.
Menurut Braman Setyo, potensi pasar online di Indonesia berkembang pesat. Pada tahun 2013 saja, transaksi mencapai 8 juta Dolar AS atau sama dengan 104 Triliun Rupiah. Pada tahun ini meningkat hingga 25 juta Dolar AS atau setara dengan 325 Triliun Rupiah. Jumlah yang fantastis dan menggiurkan.
Pemerintah sangat menyadari bahwa usaha mikro yang berbasis digital telah menjadi penggerak roda perekonomian nasional. Oleh sebab itu, sektor tersebut adalah sasaran utama program pembiayaan pada tahun 2017. Tahun ini saja, Kemenkop dan UKM telah menyalurkan KUR kepada UMKM berbasis digital sebanyak 17.000 UMKM.
"Saya berharap di tahun 2017 mendatang, UMKM digital ini akan bertambah banyak dan kami siap memfasilitasi," kata Braman Setyo meyakinkan.
Perlu diketahui bahwa mekanisme penyaluran pembiayaan melalui sistem online. Pelaku usaha harus mengirimkan proposal dan persyaratannya melalui sistem e-proposal. Jangan salah, proposal sudah bisa diajukan dari sekarang karena harus melewati seleksi. Proposal yang memenuhi kriteria, akan mendapatkan pembiayaan pada tahun 2017. Jumlah start-up yang akan diterima sekitar Rp 20 juta per orang.
Mengingat pentingnya penggunaan internet, maka pemerintah harus memikirkan penyediaan sarana internet di seluruh Indonesia. Braman mengaku bahwa pemerintah telah melakukan pembicaraan dengan Telkomsel untuk mengembangkan internet di wilayah-wilayah terpencil atau di perbatasan-perbatasan yang masih minim sarana.

Aplikasi SuperSoccer
Mirwan Suwarso, telah menjadi pionir sebagai pelaku usaha berbasis digital dengan menciptakan aplikasi SuperSoccer TV. Bahkan ia telah berhasil membeli lisensi Manchester United TV yang menampilkan liga Premier Inggris selama 24 jam nonstop. Hebatnya, uang yang harus keluarkan pelanggan sangat hemat. Kita  tidak perlu membayar hingga ratusan ribu rupiah untuk menonton pertandingan seru selama satu tahun.
"Yang terpenting adalah sejauhmana dengan inisiatif kewirausahaan dan berkomunitas kesempatan anak muda menjadi lebih terbuka. Indonesia menjadi lebih baik jika anak-anak mudanya memulai wira usaha sejak dini," tandas Mirwan.

Ampuh Menjadi Wadah Anak Muda Pelaku Usaha
Persatuan menjadikan kita lebih kuat. Agaknya hal itu sangat disadari oleh Dimas Oky Nugroho sebagai entrepreneur muda sehingga menggagas terbentuknya AMPUH (Anak Muda Punya Usaha) ini. Meski Dimas juga dikenal sebagai aktivis dan pengamat politik, ia tetap menjalankan usahanya yang bergerak di bidang Strategic Communications dan Digital Marketing. Ia berharap kebangkitan kaum muda kreatif mampu mewujudkan Indonesia yang lebih baik.
Dimas menilai, produk anak-anak muda Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan negara-negara maju dalam industri kreatif. Kunci bagi kebangkitan Indonesia adalah anak muda yang berwira-usaha dan berkomunitas. Jiwa entrepreneur sangat selaras dengan semangat sejati the founding fathers yang bercita-cita agar Indonesia menjadi negara yang adil dan sejahtera.
"Hanya anak muda yang berjiwa entrepreneur yang bisa membawa perubahan, membawa bangsa ini kompetitif di era globalisasi, terutama dalam menghadapi MEA. Dengan berwira-usaha, nasionalisme anak-anak muda terwujud," urai Dimas.




4 komentar: