Sabtu, 13 Februari 2016

Menyerap Ilmu di Hijabers Mom Community Day Bekasi


     Kalau ibu-ibu sudah bergerak, hasilnya memang luar biasa. Begitulah yang tampak pada acara yang diselenggarakan Hijabers Mom Community (HMC) wilayah Bekasi. Moms yang menggenakan hijab berkumpul untuk berbagi dan menyerap ilmu di hotel Amaroossa Grande, Bekasi Barat. Acara yang bertema "Beauty In Life" ini merupakan hajatan pertama HMC Bekasi di tahun 2016. Tetapi sudah  begitu padat dengan kegiatan yang bermanfaat.
      Pada waktu pertama memasuki auditorium hotel, kita sudah dibuat terpana oleh gaya anggun Moms Bekasi yang menjadi panitia sekaligus tuan rumah penyelenggara acara. Mereka mengenakan 'seragam' indah, berupa gamis  yang terkesan elegan dan mewah, berwarna keemasan. Kepala mereka, tentu saja berhiaskan hijab yang tak kalah indahnya.
      Namun tamu-tamu undangan juga stylish, mengenakan  gamis atau baju muslim dengan model yang up to date, menampilkan kecantikan para ibu yang sesungguhnya. Hilang sudah bayangan tentang ibu rumah tangga yang kucel dengan dasternya. Di hadapan kami adalah moms yang cantik dan anggun berwajah ceria.
     Hadir dalam acara itu adalah founder Hijabers Mom Community (HMC). Mereka juga merupakan desainer atau perancang baju muslim. Karena itu tak heran jika perempuan-perempuan yang bergabung di sini betul-betul memperhatikan penampilannya. Mereka adalah orang-orang yang memasyarakatkan gaya muslimah modern yang tidak membosankan dipandang mata.
      Mc dalam acara ini ada dua orang, yang satu adalah laki-laki. Jadilah dia menjadi yang terganteng di antara para hadirin.     Setelah acara dibuka oleh MC, ketua panitia Dedeh Sutisna memberikan sambutannya. Mom Dedeh Sutisna contoh mom jempolan dari Bekasi dengan berbagai kelebihan.
     Ada 14 moms yang menjadi panitia acara HMC Bekasi ini. Mereka telah bekerja keras untuk membuat acara ini sukses. Hal ini cukup berat, mengingat mereka juga tetap harus menunaikan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga. Hebatnya, mereka berhasil menggaet banyak mitra dan sponsor untuk acara tersebut. Berbagai booth memenuhi ruangan depan auditorium dan juga mengisi bagian dalam.

     Setelah itu, ada talk show bersama Dan-Dan yang juga menjadi salah satu sponsor. Gadis-gadis manis dari Dan-Dan memperagakan bagaimana caranya mengenakan make-up yang tepat bagi ibu-ibu berhijab. Ternyata tidak sulit dan tidak perlu memakan waktu lama. Tentu saja ini merupakan pengetahuan yang bermanfaat bagi moms yang hadir.

     Ilmu kedua yang didapat oleh hijabers mom berlanjut. Berikutnya adalah AllScarf  yang mempersembahkan tutorial Hijab. Wow, ini benar-benar satu ilmu yang dibutuhkan ibu-ibu. Mereka memperlihatkan bagaimana menggunakan hijab dengan mudah dan cepat, meski hijabnya berupa kain pashmina atau bahan lain.
     Talk Show berikutnya menampilkan tips dalam menggunakan pakaian dalam oleh Wacoal, sebuah brand ternama yang memproduksi pakaian dalam berkualitas tinggi. Banyak hal yang belum diketahui oleh moms tentang bagaimana mencoba dan menggunakan bra secara baik dan benar. Ternyata apa yang selama ini kita lakukan adalah salah. Dengan pengetahuan ini kita jadi mengerti bahwa mengenakan pakaian dalam tidak bisa seenaknya karena memengaruhi bentuk anggota tubuh kita seperti bagian dada.
     Di sela-sela acara tersebut, kami yang hadir diajak untuk minum sebotol teh Rosela yang telah dibagikan kepada hijabers sebelum memasuki ruangan. Minuman kesehatan produksi Vermindo ini memberikan rasa segar yang berbeda. Apalagi jika kita meminumnya dalam keadaan dingin. Sebagaimana kita ketahui, teh Rosela sangat bermanfaat bagi tubuh kita sebagai obat maupun kecantikan. Vermindo ini merupakan inovasi perempuan hebat, ChaeRa Lee yang juga seorang desainer busana muslimah. Hasil rancangan gaunnya bisa dilihat dari performa Nia Paramitha yang tampil sempurna dengan nuansa keemasaan.
     Tak ketinggalan pula talk show bersama para founder. Di sini kita dapat mengetahui bagaimana perjalanan HMC, sejak pertama hingga beranggotakan ribuan orang. Sampai sekarang komunitas ini berkembang pesat. Para founder ini saling menyemangati dan memberikan inspirasi untuk setiap anggota.
     Karena founders adalah desainer, maka salah satu ciri khas acara-acara yang diselenggarakan HMC adalah adanya fashion show. Masing-masing perancang menampilkan lebih dari satu hasil karyanya. Para model yang cantik memeragakan pakaian muslimah yang chic, ada yang tampak elegan, mewah, atau juga casual. Dalam kegiatan ini, kita juga menikmati suara merdu Nia Paramitha yang menyanyikan dua buah lagu bernuansa religi.
     Pada saat ishoma, dimanfaatkan para hijabers mom untuk saling mengakrabkan diri. Aneka makanan dan masakan yang disajikan hotel Amaroossa memang lezat. Beberapa hijabers tanpa malu-malu menambah porsinya. Agaknya mereka tidak kuatir terhadap perubahan berat tubuhnya.

     Ilmu terakhir kami dapatkan dari seorang psikolog yang sudah tak asing lagi, yaitu Tika Bisono. Dia memberikan uraian yang jelas dan gamblang mengenai bahaya memperkenalkan gadget kepada anak-anak yang masih balita. Karena itu, Tika Bisono memberikan pencerahannya, bagaimana mengasuh anak-anak dengan menghindari  pengaruh gadget tanpa kehilangan kesempatan menjadi perempuan yang tetap bergaya.
     Selain itu, Tika Bisono juga menegaskan pentingnya orang tua untuk mengikuti perkembangan anak-anaknya. Moms harus mampu meng-up grade kemampuannya dalam memahami anak. Di antaranya adalah, kita jangan sampai gaptek. Kalau moms tidak mengerti teknologi (umpamanya komputer atau gadget, sulit untuk mengerti pengaruh teknologi terhadap jiwa anak.
     Begitu pula cara menangani anak-anak yang bertambah usia. Cara mengasuh kanak-kanak dengan remaja sangat berbeda. Pada usia remaja, mereka sudah berani melawan atau membangkang. Karena itu pola pendidikan pada remaja tidak boleh mendikte, tetapi berusaha menjadi kawan baik bagi anak sehingga mereka terbuka dan mau menceritakan apa yang dialaminya.

     Wah, sungguh beruntung bisa menghadiri acara HMC Day Bekasi ini. Ibarat gelas kosong yang terisi penuh dalam sehari. Tentu saja kegiatan serupa akan digelar lagi sepanjang tahun, sesuai dengan program HMC Bekasi. Memberikan ilmu yang bermanfaat memang menjadi salah satu misi para pendiri HMC. Setidaknya, mereka telah berhasil memasyarakatkan gaya hidup muslimah yang modern dan stylish. Sebagaimana yang ditegaskan oleh Mom Najua, salah satu pendiri HMC.
"HMC ini didirikam dengan tujuan untuk mengajak muslimah mengenakan hijab," jelas Najua ketika menceritakan awal pendirian HMC.
HMC berawal dari fan page di facebook atau aku medsos, karena pertumbuhan jumlah anggotanya begitu cepat, maka diputuskan untuk membuat komunitas. Ternyata gayung bersambut, jadilah HIjabers Mom Community (HMC) seperti yang kita kenal sekarang ini. Animo hijabers begitu tinggi untuk menjadi anggota HMC, setiap minggu ada sekitar 3000 orang minta bergabung. Luar biasa bukan?
Namun dalam perkembangannya HMC menjadi tempat berbagi ilmu. Para founders sendiri tak pernah pelit berbagi ilmu. Mom Najua tidak pernah keberatan jika ada hijaber mom yang membutuhkan bimbingan dalam hal tertentu. Sikap para pendiri menjadi teladan yang baik dan diikuti oleh anggota-anggota lainnya. Barakallah.

Bravo HMC!

3 komentar:

  1. wuaah lengkaaap...selengkap acara HMCBekasiDay2016 ya mbak Mut..thx for sharing

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah ternyata acara kami berdampak positif untuk yang datang. Terimakasih mba dah hadir. Sukses terus nge blog nya. Barakallah untuk mba Mutia dan Blogger Crony.

    BalasHapus
  3. sama-sama mbak. Semoga Allah selalu membimbing kita menjadi manusia yg berguna bagi sesama.

    BalasHapus