Senin, 18 Desember 2017

Blogger Perlu Paham SEM dan SEO


Blogger tidak hanya asal menulis. Selayaknya blogger juga mengetahui seluk beluk internet agar bisa lebih maksimal  dalam menyebarluaskan tulisan agar dibaca oleh masyarakat. Percuma kan kalau tulisan kita yang mengandung banyak manfaat tapi jarang dibaca.

Saya blogger, saya merasa sangat awam dengan kemajuan teknologi. Karena itu saya senang sekali ketika CNI memberi kesempatan kepada para blogger untuk menambah ilmu. Kali ini, kami mendengarkan penjelasan mengenai SEM dan SEO dari ahlinya.

Bertempat di Burger King Plaza Festival, Jakarta Selatan, kami berkumpul dalam Blogger Gathering bersama CNI dan ISB untuk menyerap ilmu tentang SEM dan SEO. Hadir sebagai narasumber adalah Niko Riansyah, CNI Digital Marketing Specialist. Tak lupa teh Ani Berta juga berbagi ilmu mengenai content writer.

Dulu, saya sering heran dengan artikel atau berita yang selalu muncul di halaman pertama google. Pikir saya, wah hebat banget. Tulisan ini bisa sampai terkenal begitu, banyak yang baca dan banyak yang sharing. Ternyata semua itu ada rahasianya.


Menurut Niko Riansyah, ada dua cara untuk tampil di halaman pertama mesin pencaharian google yaitu SEM dan SEO. Nah, pertama tentu kita harus tahu apa sih 'makhluk' SEO dan SEM ini dan mengapa kita harus mempelajarinya.

SEO atau Search Engine Optimazion merupakan  cara organik dan free alias gratis. Hasil pencarian di Google berdasarkan  ranking website, kualitas konten dan update konten. Sedangkan SEM atau Search Engine Marketing berupa iklan berbayar seperti adwords, google display network, bing  ads, dll.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan  SEO:

1. Struktur website yang jelas, catching eyes dan mudah dibaca, kita harus meletakkan kata kunci pada judul, deskripsi meta,  dan kata kunci meta
2. Format URL/link sebaiknya berhubungan dengan judul dan terlihat jelas, lebih baik edit link sebelum ditayangkan.
3. Memperhatikan kecepatan website, termasuk versi mobile kalau loadingnya lama, pembaca akan malas menunggu dan beralih ke blog lain yang lebih mudah dibuka

4. Selalu update konten, yang ideal kita mengisi konten secara berkala. Tapi ini kelemahan saya, hanya bisa  menulis  di saat mood sedang bagus.Saya iri pada blogger lain yang bisa menulis setiap hari.
5. Menyajikan konten yang berkualitas. Upayakan tulisan kita mengandung informasi yang bermanfaat, bukan tulisan 'sampah' yang hanya membodohi masyarakat. Selain penyajiannya yang menarik, tata bahasa juga perlu diperhatikan.

Namun selain lima hal tersebut, kita juga perlu  melakukan hal2 ini:

- membangun backlink. Cantumkan backlink lain di dalam artikel yang kita tulis. Dengan catatan, backlink itu adalah pendukung tulisan kita,  bukan sembarang backlink.

- kita juga menulis di situs yang memiliki otoritas tinggi dalam pencarian SEO
- blog walking ke URL blogger lain
- submite URL website ke Google Web Master, Yahoo, Amazon dll
- Bagikan ke media sosial yang kita miliki
- Perpanjang domain hingga 2 - 3 tahun supaya menunjukkan kredibilitas dan otoritas domain.



Selanjutnya Ani Berta menjelaskan tentang content writer. Teh Ani menekankan pentingnya agar kita membuat jadual content writing agar tidak ada tugas yang terbengkalai.
Berikut ini tips membuat content plan untuk website:

1. Atur jadual sesuai pesanan klien, misalnya seminggu sekali, dua kali seminggu dsb
2. Gunakan worksheet pada MS exel
3. Banyak membaca materi dari berbagai sumber. Ini penting lho supaya tulisan tidak garing, apalagi kalau cuma berdasarakan press release.
4. Buat outline setiap artikel supaya lebih mudah dituliskan
5. Siapkan narasumber, bisa dari acara gathering yang kita ikuti atau wawancara eksklusif
6. Proses 'produksi' yang sesuai tema, mendorong kita lebih fokus.
7. self editing, dilakukan setelah tulisan selesai.

Teh Ani juga menyarankan agar kita memaksimalkan penggunaan tools di smartphone untuk membuat content plan.
- membuat desain sendiri (kalau memang suka mendesain)
- membuat desain dengan Canva.com
- membeli gambar properti berbayar
- memanfaatkan penyedia gambar gratisan
- membuat postingan terjadual
- memendekkan link

Semua ilmu tersebut tentu sangat bermanfaat buat blogger. Saya berterima kasih kepada CNI dan ISB atas kesempatan ini. Mudah2an saya bisa meningkatkan blog saya menjadi lebih baik. Aamiin YRA










Tidak ada komentar:

Posting Komentar