Kamis, 29 Desember 2016

Fun Walk Serempak: Kebersamaan Untuk Sosialisasikan 3 End


Banyak cara untuk menyosialisasikan program, termasuk mengadakan gerak jalan bersama. Begitu juga dengan Serempak, organisasi yang bergerak untuk menyelamatkan masa depan perempuan dan anak. Serempak mengajak para blogger mengikuti Fun Walk yang diadakan pada hari Minggu, 18 Desember yang lalu. Acara yang bertepatan dengan waktu Car Free Day ini mengawali pagi dengan talk show yang padat dan singkat.

Hadir dalam talk show adalah Ibu Ratna Susianawati SH.MH, yang tak lain adalah Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur RI dan Lingkungan. Kemudian ada Ibu Ina Rahman SH.MH, Praktisi HUkum Komisi 8 DPP Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), Ibu Dian Wisdianawati Msi,  Komisi 9 DPP PPLIPI. Tak ketinggalan Ibu Martha Simanjuntak dan Ani Berta dari Serempak.



Talk show ini pada intinya adalah mengingatkan akan tugas mulia seorang ibu sebagai tangan pertama yang mendidik anak-anaknya. Peran ini bergeser karena banyak ibu yang menjadi pekerja karena tuntutan kebutuhan ekonomi. Akibatnya, anak tidak mendapat bimbingan maksimal dari seorang ibu, mudah terbawa pergaulan dan akhirnya salah jalan. Karena itu kasus narkoba dan kriminal anak semakin tinggi.

Hal penting lainnya adalah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang juga meningkat drastis serta kasus trafickking (perdagangan manusia). Fenomena ini seperti gunung es, semakin banyak terjadi tapi jarang terungkap. Penyebabnya antara lain, korban tidak berani  mengadukan masalahnya kepada pihak berwajib. Kedua, mereka malu jika ada aib yang menimpa keluarganya. Padahal jika kasus-kasus tersebut dibiarkan, maka pelaku akan semakin bertambah dan merajalela. Mereka merasa aman untuk melaksanakan aksi-aksinya.

Guna menanggulangi masalah tersebut maka KPPA bekerja sama dengan Serempak melaksanakan program Three End (3 End), yaitu:
1. Akhiri Kekerasan Terhadap Perempuan
2. Akhiri perdagangan perempuan
3. Akhiri Kesenjangan ekonomi bagi perempuan.

Fun Walk
Setelah acara talk show selesai, kami mulai melakukan fun walk. Seperti biasa, pada CFD jalan raya protokol selalu ramai dengan warga yang berolahraga atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga dan teman-teman. Kami berjalan menyelip di antara para warga, dengan sesekali bersenda gurau, selfie dan melihat-lihat. Hal yang tidak pernah membosankan adalah memperhatikan para pedagang kecil yang berjualan di sepanjang jalur CFD, ada makanan, mainan, pakaian dsb.

Jalur yang ditempuh tidak begitu jauh, hanya sekitar tiga kilometer saja. Kami berangkat dari depan gedung Sarinah, lalu berputar di tugu Selamat Datang, menuju patung kuda, baru kembali lagi ke Sarinah. Karena dilakukan bersama-sama dnegan santai dan penuh semangat, jalan kaki itu tidak terasa melelahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar