Kamis, 16 Juni 2022

Kepulauan Seribu, Maladewa Versi Jakarta


Saya di pulau Kelor (dok.pri)

 

Gaes, sudah pernah belum ke Kepulauan Seribu? Kalau belum pernah, rugi banget. Bagiku, ini tempat healing yang paling pas, dekat dan murah. Apalagi buat para penyuka pantai, bertebaran pantai yang indah dan jernih. Gugusan pulau-pulau di Kepulauan Seribu tak ubahnya Maladewa (Maldive) yang terkenal itu. Karena itu, buat apa  jauh-jauh ke Maladewa, cukup ke Kepulauan Seribu.

Buat yang belum tahu, Kepulauan Seribu termasuk dalam wilayah provinsi DKI Jakarta lho. Jadi, jangan ngaku orang Jakarta kalau belum pernah ke sini. Ibaratnya, cuma selemparan batu dari pesisir Jakarta. Biaya menuju ke Kepulauan Seribu, sangat variatif, tergantung pulau mana yang ingin kita tuju.

Sebelum pandemi, aku tuh sudah beberapa kali ke Kepulauan Seribu. Ya iyalah, pergi keluar negeri saja sudah aku jalani, apalagi wisata di dalam negeri. Sebagai traveler, aku selalu berhasrat mengunjungi tempat-tempat yang eksotis. Pantai merupakan tempat favorit aku kalau sedang berwisata. Aku suka banget mendengarkan debur ombak dan jerit burung-burung camar. Memandang lepas ke garis pantai tempat matahari terbenam. Mungkin ini melambangkan kebebasan bagi seseorang seperti aku.

Sayangnya, hobi berpetualang sempat terhenti ketika negeri kita dilanda pandemi. Kita harus membatasi aktivitas di luar rumah. Bahkan tahun lalu, walau sudah menjaga diri aku tetap saja terkena virus corona.Dua tahun pandemi merupakan masa yang sangat berat bagi orang yang senang bepergian. Untunglah ada internet rumah  IndiHome yang membantu aku melakukan aktivitas secara virtual. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet rumah, terutama wifi cepat IndiHome dari Telkom Group. Internet rumah memberi “nyawa” pada aktivitas yang aku lakukan.

Apa saja yang bisa terbantu dengan wifi cepat internet rumah? Pertama, menyelesaikan pekerjaan secara online. Bagaimanapun sebagai content creator, membutuhkan internet yang bisa diandalkan agar tetap bisa bekerja. Kedua, menjelajah banyak tempat di dunia secara virtual. Aku menemukan banyak tempat menarik yang bisa didatangi setelah pandemi mereda. Ketiga, aku tetap bisa berkomunikasi dan bersilaturahmi secara virtual dengan keluarga dan teman-teman yang jauh.

Nah, sekarang status pandemi berubah menjadi endemi karena telah terbentuk Herd Immunity. Banyak yang telah divaksin, akupun telah menjalani vaksin booster beberapa bulan yang lalu. Lalu, mulailah merencanakan petualangan dan perjalanan seperti dulu. Untuk pemanasan, aku mau ke tempat yang dekat saja seperti ke Kepulauan Seribu.

Naik Kapal ke tiga pulau (dok.pri)


Jangan kuatir, jika punya budget terbatas. Ada kok yang murah meriah, ambil paket wisata. Misalnya paket ke tiga pulau, Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Onrust, biayanya tidak sampai serratus ribu Rupiah, dengan catatan tanpa makan. Murah kan? Makanan bisa bawa sendiri, atau beli di warung-warung yang ada di pulau-pulau itu. Tiga pulau ini diselesaikan dalam satu hari karena jaraknya berdekatan. Bagi yang suka berenang, diberi kesempatan di pulau Cipir. Tapi jangan berharap menginap, tidak ada homestay di tiga pulau ini, tidak ada tempat karena ukurannya yang kecil.

pulau Onrust (dok.pri)


Namun jika kita ingin berlama-lama di pantai atau pulau dan menikmati suasana yang berbeda, pilih saja paket ke pulau lain. Sebagai contoh, pulau Pari, di sini tersedia homestay untuk para wisatawan. Ada pula pulau bidadari, pulau Harapan dan sebagainya, sesuaikan saja dengan selera dan kemampuan finansial. Bagaimana caranya menuju ke kepulauan Seribu? Nanti diarahkan oleh agen travel. Ada yang berangkat dari Muara Angke, ada yang dari Marina dan Muara Kamal. Soalnya tergantung jarak terdekat pulau tersebut.

Pulau Cipir


Mumpung menjelang HUT Jakarta, gak ada salahnya menikmati indahnya   Kepulauan Seribu. Kita bakal puas foto selfie, main air dan berenang, malah juga bisa snorkeling. Ada peralatan lengkap di semua pulau. Jangan kuatir soal internet, soalnya Telkom Group yang masih meraja di Kepulauan Seribu. Kamu bisa update foto di media sosial, pamer liburan di pantai yang eksotis.

 

Snorkeling di pulau Harapan (dok.pri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar